A. Dian Fitrana: Aktualisasi Nilai "Malebbiq na Makkiadeq" dalam Kerja Pengabdian KKN IAIN Parepare 2024

2 Juli, 2024 oleh
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---IAIN Parepare menyelenggarakan acara penting yang mengangkat tema aktualisasi nilai "Malebbiq na Makkiadeq" dalam melakukan Pengabdian kepada Masyarakat. Acara yang berlangsung pada Rabu, 3 Juli 2024 di Auditorium IAIN Parepare ini dihadiri oleh 1195 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024.


Materi ini disusun oleh A. Dian Fitriana, M.I.Kom, dan menjadi landasan etika bagi Mahasiswa yang akan terjun ke Masyarakat dalam rangka melaksanakan pengabdian. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Rektor IAIN Parepare yang menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai luhur, dalam setiap aspek kehidupan.


Di dalam pemaparannya, Dian Fitriana menekankan pentingnya sopan berucap dan santun dalam berperilaku. "Sikap dan perkataan negatif hanya akan mengundang malapetaka dan ketidaknyamanan dalam interaksi sosial," ujarnya. Sebaliknya, tutur kata yang sopan dan perilaku yang santun akan menciptakan pandangan positif dan hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar.




Materi ini juga menggarisbawahi etika berkomunikasi yang meliputi mendengarkan orang lain, menggunakan bahasa yang santun, menghindari gosip, tidak menyela pembicaraan, serta berkomunikasi dengan jelas. Dian Fitriana menekankan bahwa mendengarkan dengan penuh perhatian dan menunjukkan tanda-tanda nonverbal bahwa kita mendengarkan, seperti kontak mata dan mengangguk, sangat penting dalam komunikasi yang efektif.


Tidak hanya perihal komunikasi, materi yang dibawakan oleh Dosen Komunikasi dan peyiaran Islam ini juga membahas etika berperilaku, seperti kehadiran dan ketepatan waktu, kerja sama tim, kebersihan dan kerapian, serta kejujuran dan tanggung jawab. Nilai-nilai ini dianggap esensial untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis.


Di dalam melaksanakan KKN, para Mahasiswa diingatkan untuk menghormati adat dan budaya setempat, menjadi contoh yang baik, bersikap sopan santun, dan menghargai norma yang berlaku. Dian Fitriana menekankan pentingnya memperhatikan tata krama dalam setiap interaksi dengan masyarakat setempat.


Penyajian materi pada sesi ini juga mendorong mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat tanpa prasangka, serta memberikan bantuan meski kecil namun bermakna. Dian Fitriana mengingatkan agar Mahasiswa tidak sok tahu atau menyuruh-nyuruh, melainkan bekerja sama dengan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang ada.


Acara ini diharapkan dapat memotivasi dan membekali mahasiswa IAIN Parepare dengan nilai-nilai "Malebbiq na Makkiadeq" yang dapat mereka terapkan saat melaksanakan proses pengabdian, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat serta menghormati dan memelihara kebudayaan lokal di lokasi KKN masing-masing. (Hrm/fzs/Srh)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 2 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment