UPT Bahasa IAIN Parepare Laksanakan Academic Writing: Pengembangan Kompetensi Menulis Mahasiswa

8 October, 2024 by
ameliawulandari
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Salah satu program kerja UPT Bahasa di tahun 2024 adalah mengembangkan kemampuan menulis mahasiswa. Di dalam memenuhi program kerja tersebut, UPT Bahasa menggelar kegiatan Academic Writing untuk Mahasiswa IAIN Parepare. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Oktober 2024, dengan jumlah 10 pertemuan yang diadakan di Ruang Belajar UPT Bahasa Lantai II. Peserta pada kegiatan ini diikuti oleh 20 orang mahasiswa, yang merupakan perwakilan dari seluruh fakultas di IAIN Parepare.

Academic Writing ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa yang sedang menulis skripsi atau jurnal ilmiah. Para mahasiwa didampingi oleh dua Alumni IAIN Parepare yang berpengalaman, yakni Halima Penno dan Ahmed Sardi, yang memberikan bimbingan intensif selama proses penulisan.

 

Pada salah satu sesi, Halima Penno menyampaikan bahwa proses menulis yang baik terdiri dari tujuh tahapan penting. "Tahapan tersebut meliputi memilih topik yang akan dibahas, brainstorming, menulis outline, menulis draf atau rancangan penelitian, pemerolehan feedback, bimbingan dalam merevisi berdasarkan feedback yang didapatkan, dan yang terakhir adalah melakukan proofreading pada draf akhir tulisan," jelasnya. Pengetahuan ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah dengan lebih sistematis dan terarah.

Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare berharap, kegiatan ini dapat membantu mahasiswa menghasilkan jurnal yang siap dipublikasikan, atau proposal skripsi yang dapat diseminarkan. "Kami berharap, melalui bimbingan yang diberikan, mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam menulis karya ilmiah dan mampu memenuhi standar publikasi akademik," ujar Nurhamdah.

Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal bagi mahasiswa, untuk lebih aktif dalam menulis karya ilmiah dan berkontribusi dalam dunia akademik. (Aw/Srh)

in News
ameliawulandari 8 October, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment