Sinergi KKN dan Masyarakat: Aksi Bersih-Bersih Kantor Desa Ciptakan Momen Berkesan dan Berbagi Informasi

11 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Semangat gotong royong mewarnai kegiatan Jumat Bersih di Desa Suruang, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar. Pagi ini, tak hanya kantor desa yang menjadi lebih bersih dan rapi, tetapi juga terjalin keakraban dan rasa saling peduli antara Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Parepare Posko 19 dan masyarakat setempat.

Bagi para mahasiswa KKN, kegiatan ini bukan hanya sekedar membersihkan lingkungan, tetapi juga menjadi kesempatan untuk mengenal lebih dekat budaya dan tradisi masyarakat Desa Suruang.

Bersama-sama, mereka bahu membahu membersihkan kantor desa dan akses jalan. Tak ada sekat usia dan status sosial dalam kegiatan ini. Semua bersatu padu, dari anak-anak hingga orang tua, dari pemuda hingga pemudi.


Tak hanya membersihkan, para mahasiswa KKN juga melakukan pengecatan ulang pada beberapa bagian kantor desa yang mulai pudar warnanya.

Kegiatan inipun menjadi momen berharga bagi para mahasiswa KKN untuk bertukar informasi dengan salah satu tokoh Masyarakat Desa Suruang. Tokoh masyarakat tersebut berbagi cerita tentang pekerjaan mayoritas warga, yaitu petani kelapa. Beliau juga mengungkapkan bahwa air kelapa di Desa Suruang lebih manis dibandingkan dengan desa-desa lain. Selain itu, kelapa diolah menjadi kopra putih yang dijual dengan harga tinggi.


Pohon pisang di desa ini pun memiliki keunikan tersendiri. Menariknya lagi, rata-rata penduduk Desa Suruang memelihara kambing dan kuda penari. Informasi-informasi ini sangat berharga bagi para Mahasiswa KKN sebagai bekal untuk menciptakan program kerja yang berkualitas, dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Suruang.

"Kami sangat bersyukur mendapatkan sambutan hangat dari warga sekitar," ujar salah satu mahasiswa KKN. "Mereka tidak hanya membantu dalam proses pembersihan, tetapi juga berbagi informasi yang kami butuhkan," tambahnya. 

(Fzs/Srh)


fikruzzamansaleh 11 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment