KKN Reguler IAIN Parepare Angkatan 35: Mahasiswa Terlibat dalam Proses Pembuatan Opaa' (Kerupuk Ubi) di Desa Batu

16 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Mahasiswa KKN Reguler Angkatan 35 dari IAIN Parepare turut serta dalam kegiatan yang bertempat di Desa Batu, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polman pada Sabtu, 13 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan Mahasiswa dengan Masyarakat setempat melalui proses pembuatan opaa' (kerupuk ubi).

Proses pembuatan opaa' ini merupakan upaya untuk mengelola ubi kayu menjadi produk bernilai tambah, yaitu kerupuk opaa'. Ubi kayu diproses dengan cara diolah dan dijadikan kerupuk setelah melalui proses penjemuran selama 2 jam jika cuaca tidak mendung, mulai dari pukul 03.00 pagi hingga selesai. Dalam satu hari, proses ini menggunakan sekitar 60-70 kg ubi kayu yang mampu menghasilkan antara 500 hingga 800 lembar kerupuk.


Kegiatan berlangsung lancar dengan partisipasi 19 peserta, terdiri dari Mahasiswa KKN Posko 32 IAIN Parepare dan Masyarakat Desa Batu. Mereka berkolaborasi langsung di rumah Masyarakat Desa Batu, tempat kegiatan ini dilaksanakan.

Menurut Narasumber, proses pembuatan kerupuk opaa' melibatkan tahap penghalusan ubi kayu hingga setipis mungkin sebelum dikeringkan. Hasil akhirnya merupakan produk kerupuk yang tidak hanya lezat namun juga bernilai gizi tinggi, sesuai dengan potensi ubi kayu yang kaya akan karbohidrat dan serat, serta rendah indeks glikemik yang baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.


Harapan dari kegiatan ini adalah agar olahan ubi kayu menjadi kerupuk opaa' dapat menarik perhatian seluruh Masyarakat Kabupaten Polman untuk lebih mengenal dan mengapresiasi produk lokal yang bernilai ekonomis tinggi serta memiliki manfaat kesehatan yang baik. (Fzs/Srh)


fikruzzamansaleh 16 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment