IAIN Parepare Perkuat Sistem Manajemen Mutu Melalui Sertifikasi ISO 9001:2015

26 September, 2024 by
Nur Aeni K
| No comments yet

Humas IAIN Parepare--Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Audit Eksternal untuk sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015. Audit ini dilakukan oleh lembaga sertifikasi PT. URS Services Indonesia yang berlangsung selama tiga hari, dari Rabu hingga Jumat (25-27/09/2024), bertempat di Ruang Akreditasi Gedung LPM IAIN Parepare.

Pada opening meeting Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag, menegaskan pentingnya pelaksanaan audit ini dalam upaya meraih standarisasi internasional. “Standarisasi ini merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, Prof. Hannai juga menjelaskan bahwa audit eksternal ini bertujuan untuk mempersiapkan IAIN Parepare menuju akreditasi unggul. "Dengan sertifikasi ISO 9001:2015, institusi ini diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan dan tata kelola pendidikan secara berkelanjutan, sesuai dengan standar internasional." Jelas Hannani.

Hannani juga menambahkan bahwa dengan adanya Implementasi ISO 9001:2015 tidak hanya memberikan dampak pada reputasi dan efisiensi institusi, tetapi juga membawa berbagai manfaat langsung bagi dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa.


Sementara itu, Ichsan Nurdin, MT, sebagai auditor sertifikasi ISO menyebutkan bahwa asesmen ini bertujuan untuk memastikan apakah seluruh proses sistem manajemen mutu di institusi sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

"Sesungguhnya Pelaksanaan audit ini adalah untuk mencari kesesuaian implementasi sistem manajemen mutu di IAIN Parepare dengan standar yang ditentukan oleh ISO 9001:2015,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPM IAIN Parepare, Dr. Muhammad Qadruddin, M.Sos.I mengatakan sertifikasi ISO 9001:2015 akan membantu kampus menerapkan sistem manajemen mutu yang terstruktur, sehingga memastikan layanan pendidikan dan dukungan akademik diberikan dengan standar kualitas yang konsisten dan terus meningkat.

“Sertifikasi ISO ini diakui secara internasional. Dengan mengadopsi ISO 9001:2015, kampus akan memiliki mekanisme yang mendorong perbaikan terus-menerus dalam hal pelayanan dan proses akademik terutama terkait dengan peningkatan kualitas manajemen dan layanan yang diberikan,” ujar Muhammad Qadaruddin.

ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System, QMS). Standar ini dirilis oleh International Organization for Standardization (ISO) dan merupakan bagian dari seri ISO 9000 yang berfokus pada manajemen mutu.

Dengan pendekatan berbasis risiko yang diterapkan dalam ISO 9001:2015, civitas akademika IAIN Parepare dapat lebih proaktif dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko yang dapat memengaruhi operasi dan keberhasilan jangka panjang termasuk membantu memastikan bahwa kampus mematuhi berbagai peraturan dan persyaratan hukum yang berlaku di bidang pendidikan, baik nasional maupun internasional. (Aen/Mhy/Mif).

in News
Nur Aeni K 26 September, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment