IAIN Parepare Lahirkan 787 Sarjana dan Magister

31 August, 2024 by
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare sukses menggelar wisuda Strata 1 (S1) dan Magister (S2) periode II tahun 2024 pada Sabtu (31/8/2024). Acara yang berlangsung meriah di Auditorium IAIN Parepare ini mengukuhkan sebanyak 787 wisudawan baru, terdiri dari 691 wisudawan strata satu (S1) dan 96 wisudawan strata dua (S2).

Dalam suasana yang khidmat, acara wisuda resmi dibuka oleh Ketua Senat, Hj. St. Aminah. Kehadiran Pejabat Wali Kota Parepare, Dr. Drs. Akbar Ali, Ap., M.Si., beserta jajarannya semakin menambah semarak acara. Selain itu, turut hadir pula perwakilan dari berbagai instansi keuangan, seperti Bank BSI Barru, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank Muamalat. Kehadiran perwakilan dari sektor hukum dan keamanan, yakni Kejari Parepare, Pengadilan Negeri Parepare, Pengadilan Agama Parepare, Kodim Parepare, dan Kapolres Parepare, juga memberikan warna tersendiri pada acara bergengsi ini.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I, H. Saepudin, membacakan surat keputusan Rektor mengenai wisudawan terbaik. Dari ratusan wisudawan, lima di antaranya berhasil meraih predikat lulusan dengan pujian dan 1 wisudawan terinspiratif. Diantaranya yaitu Rezki Amaliah (Program Studi Hukum Keluarga Islam, Program Pascasarjana) dengan IPK 4.00; Nurul Fadilah (Program Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah) dengan IPK 4.00;  Zulfiani Syamsul (Program Studi Hukum Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam) dengan IPK 3.95; M. Nur Rahman (Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) dengan IPK 3.97; Achmad Wahyudi (Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah) dengan IPK 4.00 dan wisudawan terispiratif, Reski (Program Studi Akuntansi Lembaga keuangan Syariah). Dan wisudawan inspiratif Fahri Husaini, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dengan IPK 3.83.


Zulfiani Syamsul, salah seorang wisudawati terbaik, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraihnya. Ia berharap ilmu yang diperoleh selama kuliah dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr Hannani, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan orang tua mereka. Ia mengingatkan bahwa perjalanan hidup masih panjang dan penuh tantangan. Oleh karena itu, para wisudawan harus terus mengasah kemampuan dan memiliki Skill abad 21. Dengan penuh semangat, Prof. Hannani berpesan, “Tetaplah rendah hati dan jangan pernah takut gagal, karena setiap kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan yang lebih tinggi,” ujarnya.


Diakhir sambutannya, Prof Hannani juga menekankan pentingnya doa orang tua dalam menunjang kesuksesan anak-anaknya, “Kesuksesan anak sangat ditentukan oleh doa orang tua. Doa orang tua kepada anaknya sama mustajabnya doa Nabi kepada umatnya,” tambahnya.

Senada dengan Rektor, Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali dalam sambutannya memberikan pesan inspiratif. Ia menekankan pentingnya menghargai jasa orang tua. “Jangan sia-siakan pengorbanan orang tua. Ilmu yang kalian dapatkan adalah hasil dari perjuangan mereka,” tegasnya. Pesan ini menjadi pengingat bagi para wisudawan untuk selalu rendah hati dan tidak lupa akan asal usul mereka.

Acara dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan yang penuh makna. Satu per satu, wisudawan dan wisudawati dikukuhkan secara resmi oleh Rektor. Momen sakral pemindahan tali toga menjadi simbol dimulainya babak baru dalam kehidupan mereka. (irm/alf)

in News
Irmawati 31 August, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment