Humas IAIN Parepare --- Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah berhasil meraih predikat akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Pencapaian ini diumumkan langsung oleh Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag dalam sambutan pembukaan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-79, Jumat (3/1/2025).
Rektor Prof. Hannani, dalam sambutannya, tak hanya menyampaikan ucapan selamat, tetapi juga harapan agar pencapaian ini memotivasi program studi lain untuk mencapai prestasi serupa. Apresiasi serupa disampaikan Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Zulfah, M.Pd., yang menekankan peran kolaborasi dan dukungan dari seluruh civitas akademika IAIN Parepare dalam keberhasilan ini. Ia secara khusus mengucapkan terima kasih kepada pimpinan universitas, para kepala unit, dan seluruh staf yang telah memberikan dukungan moril dan materil.
Namun, di balik keberhasilan ini, ada sosok kunci yang berperan besar, yaitu Dr. Buhaerah, M.Pd., Ketua Program Studi Tadris Matematika. Lebih dari sekadar Ketua program studi, Dr. Buhaerah adalah seorang pemimpin yang berhasil membangun tim yang solid dan berdedikasi. "Kolaborasi dan kebersamaan, diiringi doa, adalah kunci utama keberhasilan kami," ungkap Dr. Buhaerah, mengungkapkan resep sukses di balik akreditasi unggul tersebut.
Salah satu kunci keberhasilan Dr. Buhaerah dalam memimpin tim adalah kemampuannya membangun kolaborasi yang kuat. Ia selalu menekankan pentingnya kerja sama tim dan saling mendukung satu sama lain. Semangat kebersamaan dan kolaborasi ini telah menjadi kekuatan utama dalam meraih akreditasi unggul. Selain itu, ia juga selalu melibatkan seluruh anggota tim dalam setiap pengambilan keputusan, menciptakan rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama.
Siapa Dr. Buhaerah?
Lahir di Wajo pada 5 November 1980, perjalanan pendidikan Dr. Buhaerah dimulai dari SD Negeri 83 Parepare, berlanjut ke SMP Negeri 1 Belawa Wajo, dan MAN Wajo. Ia kemudian meraih gelar S1, S2, dan S3 di bidang Pendidikan Matematika, menunjukkan komitmennya yang kuat pada bidang ini. Saat ini, selain menjabat sebagai Ketua Prodi Tadris Matematika, ia juga seorang Lektor Kepala di IAIN Parepare.
Kiprah Dr. Buhaerah di dunia akademik ditandai dengan puluhan publikasi ilmiah, beberapa di antaranya terindeks Scopus. Penelitiannya yang inovatif, berfokus pada inovasi pembelajaran, etnomatematika, dan integrasi teknologi dalam pendidikan, telah memberikan kontribusi signifikan pada pengembangan pendidikan matematika di Indonesia. Judul-judul publikasinya, seperti "Scaffolding Through Cognitive Mapping" dan "Reflection Learning Innovation," menunjukkan kedalaman pemikiran dan komitmennya terhadap peningkatan kualitas pendidikan.
Selain kiprahnya di dunia akademik, Dr. Buhaerah juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Saat ini, ia menjabat sebagai anggota Dewan Pendidikan Kota Parepare periode 2022-2026, menunjukkan dedikasinya untuk memajukan pendidikan di daerahnya. Komitmennya yang tinggi terhadap pendidikan telah menginspirasi banyak orang untuk berkontribusi dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.
Lahir di Wajo pada 5 November 1980, Dr. Buhaerah telah mendedikasikan hidupnya untuk dunia pendidikan. Perjalanan pendidikannya yang gemilang, mulai dari SD Negeri 83 Parepare, SMP Negeri 1 Belawa Wajo, MAN Wajo, hingga meraih gelar S1, S2, dan S3 di bidang Pendidikan Matematika, menunjukkan komitmennya yang kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Tak hanya unggul dalam bidang akademik, Dr. Buhaerah juga aktif dalam berbagai kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Puluhan karya tulis ilmiahnya, beberapa di antaranya terindeks Scopus, menunjukkan kontribusi signifikannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan matematika. Fokus penelitiannya yang inovatif, meliputi inovasi pembelajaran, etnomatematika, dan integrasi teknologi dalam pendidikan, telah menginspirasi banyak pendidik di Indonesia.
Salah satu kunci keberhasilan Dr. Buhaerah dalam memimpin tim adalah kemampuannya membangun kolaborasi yang kuat. Ia selalu menekankan pentingnya kerja sama tim dan saling mendukung satu sama lain. Semangat kebersamaan dan kolaborasi ini telah menjadi kekuatan utama dalam meraih akreditasi unggul. Selain itu, ia juga selalu melibatkan seluruh anggota tim dalam setiap pengambilan keputusan, menciptakan rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama.
Selain kiprahnya di dunia akademik, Dr. Buhaerah juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Saat ini, ia menjabat sebagai anggota Dewan Pendidikan Kota Parepare periode 2022-2026, menunjukkan dedikasinya untuk memajukan pendidikan di daerahnya. Komitmennya yang tinggi terhadap pendidikan telah menginspirasi banyak orang untuk berkontribusi dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.
Berikut biodata lengkapnya :
Nama : Dr. Buhaerah, M.Pd
TTL : Wajo, 05 Nopember 1980
Alamat : BTN Soreang Permai, Blok C, No. 5 Parepare
Pangkat : Lektor Kepala
Jabatan : Ketua Program Studi Tadris Matematika
Riwayat Pendidikan
SD Negeri 83 Parepare, 1993
SMP Negeri 1 Belawa Wajo, 1996
MAN Wajo, 1999
S1 Pendidikan Matematika, UMPAR, 2003
S2 Pendidikan Matematika, Univ. Negeri Makassar. 2009
S3 Pendidikan Matematika, Univ. Negeri Malang, 2015
Beberapa Publikasi
1. The Students Thinking Process in Constructing Evidence with Mathematics Induction Reviewed from Information Processing Theory. Sinta 2: JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika). 2022.
2. Junior High School Students’ Mathematical Communication in the Written Answers Problem. Sinta 2: Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 2022.
3. Scaffolding Scaffolding Through Cognitive Mapping Based on Diagnosing Students Difficulties in Solving Mathematical Problems> Scopus Q3. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. 2022.
4. Parental Attention Patterns to Ask Children to Study In The COVID-19 Pandemic. Sinta 2: Jurnal Konselin dan Pendidikan. 2022.
5. STUDENT’S MISTAKES IN SOLVING PROBLEM BASED ON WATSON’S CRITERIA AND LEARNING STYLE. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK). 2022.
6. GENDER SPECIFIC STUDY OF STUDENT’S SPATIAL INFERENCE IN SOLVING GEOMETRI PROGLEM 2022.
7. DEFRAGMENTING THE THINKING STRUCTURE OF PROBLEM SOLVING THROUGH COGNITIVE MAPPING BASED ON POLYA THEORY ON PISA PROBLEMS. 2022
8. Reflection learning innovation in the context of the lipa sabbe bunga caramming motif. 2023.
9. Mathematical ability of Bugis community in designing Lipa' Sabbe of Sengkang. 2023
10. Mapping students' thinking structure in solving PISA-like problems: Errors and defragmentation. 2023.
11. Inteligensi Kultural Berbasis Etnomatematika pada Ragam Perlengkapan Tradisi Pernikahan Enis Konjo Sulawesi Selatan. 2023.
12. Student Representation of Mathematical Thinking in Mathematical Problem Solving (2023).
13. Scaffolding on Sequence and Series Learning for Didactic Anticipation (2023).
14. DECOMPOSE THE COGNITIVE MAPPING OF THE PISA QUESTION’S PROBLEM SOLVING THINGKING STRUCTURE. 2023.
15. Multicultural Education Solution to Social Conflict: Indications of Intolerance in Diversity (2023).
16. Renewable Technology in The Homeschooling System as an Innovation in Learning. 2023.
17. ASK AND CLARIFY ABOUT STUDENT SHARING OF THE CONCEPT OF REFLECTION. 2024
18. Verbal Problem Solving Process in Students' Mathematical Mind Connection. 2024.
19. Reciprocal Collaboration With Homeschooling Colleagues Who use Technology as an Approach to Learning Mathematics. 2024
Dr. Buhaerah, M. Pd., Sosok Dibalik Kesuksesan Tadris Matematika Raih Akreditasi Unggul