Ketua LP2M dan Kepala PSGA IAIN Parepare Ikuti Konferensi Internasional dan Munas PSGA di UIN Mataram

17 October, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare– Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare turut berpartisipasi dalam Konferensi Internasional dan Musyawarah Nasional (Munas) PSGA di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Nusa Tenggara Barat.


Kegiatan itu dihadiri oleh forum LP2M dan PSGA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag.


Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya perubahan dan sinergi antar lembaga PSGA di seluruh Indonesia. Ahmad Zainul juga menyampaikan harapan agar forum ini menjadi wadah diskusi yang produktif untuk mendorong peran PSGA dalam mendukung kebijakan-kebijakan strategis di perguruan tinggi Islam.


Beberapa hal yang menjadi perhatian bagi pimpinan seluruh PTKI adalah pelibatan PSGA dalam Kegiatan PBAK, KPM, dan PPL. Pelibatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan isu-isu kesetaraan gender dan perlindungan anak ke dalam proses pendidikan, pembelajaran, serta pengabdian kepada masyarakat.


Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan seluruh civitas akademika IAIN Parepare semakin peka dan responsif terhadap isu-isu sosial yang berkaitan dengan gender dan anak, serta mampu menjadi penggerak perubahan di masyarakat luas.


Ketua LP2M IAIN Parepare, Haramain  menilai bahwa kegiatan ini memberikan peluang besar bagi pengembangan kolaborasi antar lembaga serta peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam isu-isu yang berkaitan dengan kesetaraan gender dan perlindungan anak.


Kepala PSGA IAIN Parepare, Nur Afiah menambahkan, forum ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara LP2M dan PSGA dari berbagai PTKI, serta mempercepat implementasi program-program yang mendukung pemberdayaan perempuan dan anak di lingkungan perguruan tinggi Islam. "Konferensi internasional ini juga menghadirkan para ahli dan praktisi dari dalam maupun luar negeri, yang turut memberikan pandangan baru mengenai strategi penguatan PSGA di tingkat nasional dan internasional," kata Nur Afiah.


Dengan semangat kolaborasi, katanya, LP2M dan PSGA IAIN Parepare siap bersinergi dengan seluruh peserta forum untuk mendorong perubahan positif dan memperkuat peran lembaga dalam mewujudkan pendidikan Islam yang inklusif dan responsif terhadap isu-isu sosial yang berkembang.(fzs/alf)

in News
fikruzzamansaleh 17 October, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment