Tingkatkan Soft Skill Abad 21, LPM Gelar Kelas Public Speaking dan Master of Ceremony

17 October, 2024 by
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare– Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja di abad 21, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kembali menggelar kegiatan pengembangan keterampilan mahasiswa. Kali ini, LPM menyelenggarakan Kelas Public Speaking dan Master of Ceremony (MC) yang diadakan pada Rabu-Kamis (16-17/10/2024) di LPM di bawah koordinasi Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa, dan Alumni.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya LPM untuk mendukung peningkatan soft skill mahasiswa, khususnya dalam kemampuan berkomunikasi dan berbicara di depan umum, sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital dan globalisasi saat ini. Kelas ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi lingkup IAIN Parepare.

Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I, selaku Ketua LPM, dalam sambutannya menekankan pentingnya soft skill di abad 21, terutama dalam hal komunikasi. "Kemampuan public speaking dan menjadi MC tidak hanya relevan untuk acara-acara formal, tetapi juga menjadi bekal penting dalam membangun jejaring profesional dan menghadapi persaingan di dunia kerja," ungkapnya.

"Kemampuan berbicara di depan umum bukan hanya diperlukan saat menjadi MC atau pembicara, tetapi juga dalam dunia profesional di mana komunikasi yang efektif menjadi kunci keberhasilan," tambahnya.

Kegiatan ini menghadirkan Adrianti, S.Pd.I., M.Pd., CMC.,CPS, founder Meniti Indonesia yang juga alumni serta memiliki pengalaman malang melintang dalam dunia penyiaran dan MC. Adrianti memberikan materi seputar teknik-teknik berbicara efektif, cara mengatasi rasa gugup, hingga etika dalam membawakan acara. Para peserta diajak aktif mengikuti simulasi dan praktek langsung, di mana mereka berperan sebagai MC dalam simulasi acara, dan mendapatkan umpan balik dari para trainer.

Sementara itu, Mahyuddin, M.A, selaku Kepala Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa, dan Alumni LPM, menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat relevan bagi mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan bakat minat. 

"Saat ini, soft skill seperti kemampuan menjadi MC merupakan suatu profesi, karena itu kegiatan semacam ini sangat penting untuk mendukung karier dan kesuksesan mahasiswa di masa depan. Kami berharap para peserta terus melatih kemampuan ini setelah pelatihan berakhir," jelas Mahyuddin.

Para peserta tampak antusias dan terlibat aktif dalam setiap sesi pelatihan. Mereka menyatakan bahwa pelatihan ini memberi mereka kepercayaan diri dan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan baik dalam kehidupan akademis maupun profesional.

"Kelas ini sangat membantu saya untuk lebih percaya diri saat berbicara di depan banyak orang. Banyak teknik yang sebelumnya saya tidak tahu, dan sekarang saya merasa lebih siap." ungkap Yusniar, perwakilan mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara.

Yusniar tidak lupa mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak LPM IAIN Parepare yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dan ungkapan terima kasih kepada Tim Meniti Indonesia atas ilmu dan inspirasi yang menjadi nilai positif bagi peserta untuk selangkah lebih maju dari sebelumnya.

Pelatihan Public Speaking dan MC ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh LPM IAIN Parepare untuk mendukung pengembangan bakat dan minat mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan keterampilan non-akademis di era digital yang dinamis. Keterampilan-keterampilan seperti ini diharapkan dapat menjadi bekal penting bagi mahasiswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja (Mhy/Mif).

 

 

in News
mahyuddin 17 October, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment