Prodi Manajemen Dakwah Gelar Workshop Digital Marketing

25 November, 2024 oleh
Humas IAIN Parepare

Humas IAIN Parepare- Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare menggelar kegiatan Workshop Digital Marketing yang dilaksanakan selama 2 hari, Kamis-Jumat (21-22/11/2024). Workshop yang dilaksanakan di Lantai 5 Gedung Perpustakaan IAIN Parepare dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah A. Nurkidam didampingi oleh Ketua Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare, Muh. Taufiq Syam.

Dalam sambutannya, A. Nurkidam menyampaikan apresiasi terhadap Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare yang telah menginisiasi dilaksanakannya Workshop Digital Marketing. Hal ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan prodi dalam membekali para mahasiswa kecakapan dan keterampilan dalam memanfaatkan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang efektif di era sekarang ini.

Workshop Digital Marketing diikuti sebanyak 60 orang mahasiswa dari Program Studi Manajemen Dakwah semester 1, 3 dan 5. Pada kegiatan workshop tersebut, dihadirkan tiga narasumber yang berasal dari kalangan praktisi. Narasumber pertama berasal dari BAZNAS Kota Parepare, yang diwakili oleh Ayu Alifkah yang menyampaikan materi tentang Kesadaran Berzakat di Kalangan Mahasiswa dan Strategi Fundraising BAZNAS melalui Media Digital. Narasumber kedua, pemilik CV. Madia Nura Harja (Dilike Interior Makassar), Alfian Nur Rizky M.D yang menyampaikan materi tentang Manajemen Usaha Kreatif Bidang Desain Interior dan Strategi Analisis SWOT Pemasaran Media Digital. Narasumber ketiga,  pemilik Lakupa Studio Photography Makassar, Ridwan Saharuddin yang menyampaikan materi tentang Manajemen Strategi Pemasaran Digital dan Peluang Usaha Kreatif Bidang Video dan Photography bagi Mahasiswa.

Para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Workshop Digital Marketing tersebut, hal ini terbukti dengan tingginya antusias dari para peserta untuk memberikan pertanyaan kepada para narasumber di setiap sesi tanya jawab.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan Workshop Digital Marketing yang dilaksanakan oleh Prodi Manajemen Dakwah, karena dalam kegiatan ini kami mendapat banyak pengetahuan dan informasi tentang bagaimana melihat peluang usaha yang cocok untuk generasi milenial seperti kami ini, dan pemanfaatan media digital secara maksimal dalam mempromosikan usaha,” kata Syamsul Ilmi, Ketua HMPS Manajemen Dakwah, juga peserta workshop.

“Kisah inspiratif dari para narasumber yang memulai usaha dari modal ratusan ribu sampai saat ini telah mampu menghasilkan omzet hingga puluhan bahkan ratusan juta per bulan. Hal ini sangat memotivasi kami bahwa berusaha hanya perlu semangat, doa, dan komitmen yang teguh,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, turut dirangkaikan dengan penandatangan kerja sama dengan para entrepreneur yang diundang sebagai narasumber. Muh. Taufiq Syam menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah.

“Selain memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa terkait strategi yang tepat untuk memulai dan menjalankan usaha sejak dini melalui pelatihan pembuatan bisnis plan berbasis media digital yang relevan dengan kondisi saat ini, tujuan dari kegiatan ini juga untuk menjalin kerja sama dalam bentuk MoA dengan para entrepreneur ini di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam rangka pelaksanaan kegiatan MBKM dan PPL mahasiswa,” ucapnya.

Workshop ini ditutup secara resmi oleh Ketua Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Parepare yang dirangkaikan dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama dengan para narasumber dan peserta workshop. (mts/mif)

 

 

di dalam Berita
Humas IAIN Parepare 25 November, 2024
Label
Arsip