Penjajakan Kerja Sama Strategis, Tim Humas IAIN Parepare Kunjungi 2 Stasiun Tv dan 1 Koran Nasional

20 Agustus, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare -- Dalam upaya memperluas jaringan kerja sama dan meningkatkan kesempatan belajar mahasiswa, Tim Humas IAIN Parepare melakukan kunjungan kerja pada dua stasiun televisi nasional dan satu koran terbesar di Jakarta. Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua Tim Humas, Suherman, berlangsung dalam dua tahap yakni Rabu 14 Agustus 2024 dan Jumat 16 Agustus 2024. Tujuannya untuk menjajaki peluang kolaborasi strategis, khususnya dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dua stasiun televisi yang dikunjungi adalah TVRI dan Metro TV. Sedangkan untuk koran nasional yakni Kantor Redaksi Harian Kompas.


Di setiap stasiun, Suherman dan Alfiansyah, anggota Tim Humas IAIN Parepare, disambut langsung oleh perwakilan masing-masing media elektronik tersebut. Kunjungan pertama dilakukan ke TVRI, di mana mereka diterima oleh Gatot Dwi Hartanto, Ketua Tim Produksi TVRI.


Gatot yang sudah 27 tahun bekerja di TVRI menyambut baik kunjungan tersebut dan menyatakan bahwa TVRI sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan IAIN Parepare.


"Kami melihat potensi besar dalam kerja sama ini, terutama dalam mendukung program MBKM yang dicanangkan pemerintah. TVRI siap memberikan ruang bagi mahasiswa IAIN Parepare untuk belajar dan mengembangkan diri di industri penyiaran," ujar Gatot dalam pertemuan tersebut.


Selanjutnya, rombongan melanjutkan kunjungan ke Redaksi Harian Kompas dan disambut hangat oleh Nasrullah Nara, jurnalis senior Harian Kompas. Dalam diskusi yang berlangsung, Nar--sapaan akrab Nasrullah Nara menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri media untuk mencetak generasi muda yang siap bersaing di dunia kerja.


"Kompas memiliki komitmen untuk mendukung pendidikan dan pengembangan mahasiswa. Program MBKM adalah salah satu cara efektif untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa. Kami sangat antusias dengan peluang kerja sama ini," kata Nar.


Kunjungan terakhir dilakukan di Metro TV, di mana Suherman dan Alfiansyah bertemu dengan salah seorang jajaran di redaksi. 


Salah seorang perwakilan dari Redaksi Metro Tv, Budi, menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya program MBKM dalam memberikan pengalaman kerja nyata kepada mahasiswa.


"Metro TV selalu mendukung inisiatif pendidikan yang inovatif seperti MBKM. Kami siap membuka pintu bagi mahasiswa IAIN Parepare untuk belajar langsung di lapangan. Ini akan menjadi kesempatan berharga bagi mereka untuk memahami dinamika industri media," ungkap Budi.


Dalam setiap kunjungan, Suherman juga menjelaskan visi IAIN Parepare dalam mendukung program MBKM dan bagaimana kerja sama dengan media massa dapat memperkuat kualitas pendidikan di kampus tersebut. Dia berharap, melalui kerja sama ini, mahasiswa IAIN Parepare tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang relevan dengan industri.


"IAIN Parepare berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas. Melalui kerja sama ini, kami berharap mahasiswa dapat belajar langsung dari para profesional di industri media, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja," katanya.


Manajemen dua stasiun televisi dan satu koran nasional tersebut secara prinsip menyatakan kesediaannya untuk menerima mahasiswa IAIN Parepare dalam program MBKM. Langkah selanjutnya adalah menindaklanjuti kesepakatan ini dengan melakukan proses administrasi antar lembaga, yang akan dikoordinasikan dalam waktu dekat. (Irm/Alf)

di dalam Berita
Irmawati 20 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment