Pascasarjana IAIN Parepare Mantapkan Kualitas Jurnal Lewat Rapat Evaluasi

22 Agustus, 2024 oleh
saidinhamzah
| No comments yet

Humas IAIN Parepare -- Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar rapat evaluasi dan koordinasi penerbitan jurnal pada Kamis, 21 Agustus 2024, di gedung Pascasarjana lantai 1.


Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan tata kelola jurnal ilmiah yang diterbitkan, serta mengevaluasi pencapaian dan kendala dalam proses penerbitan yang telah dilakukan selama ini.


Rapat tersebut dipimpin oleh Direktur Pascasarjana, Islamul Haq, dan dihadiri oleh seluruh Ketua Sao Jurnal, termasuk Kepala Sao Jurnal Muhammad Majdy Amiruddin, serta tim editor dan redaksi dari berbagai program studi di lingkungan Pascasarjana IAIN Parepare.


Islamul Haq, dalam pembukaan rapat, menekankan pentingnya sinergi antar pihak dalam menjaga kualitas dan konsistensi penerbitan jurnal. Ia juga menegaskan bahwa mulai sekarang, mahasiswa Pascasarjana diwajibkan untuk mengirimkan artikel mereka ke jurnal yang berada di lingkup Pascasarjana.


Majdy Amiruddin, Kepala Sao Jurnal IAIN Parepare, menambahkan bahwa jurnal yang belum memiliki Open Journal Systems (OJS) seperti Tomacca (PAI), Phonovision: International Journal of Islamic Communication and Broadcasting, dan JAE (Journal Arabic English) akan segera dibentuk sistem OJS-nya. Selain itu, jurnal yang sudah memiliki OJS diminta untuk segera mengurus ISSN sebagai bukti legalitas penerbitan. Ia juga menekankan bahwa setiap jurnal harus terbit minimal satu kali untuk memenuhi usia minimal pengajuan akreditasi.


Majdy juga memberikan saran terkait strategi peningkatan visibilitas dan indeksasi jurnal di berbagai database ilmiah. Ia mendorong tim jurnal untuk lebih proaktif dalam mengundang penulis dari luar institusi dan memperluas kerjasama dengan lembaga akademik lainnya.


Rapat ini juga menjadi forum diskusi aktif, di mana peserta menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam penerbitan jurnal. Berbagai solusi dan strategi dibahas untuk mengatasi hambatan tersebut, termasuk rencana peningkatan pelatihan bagi para penulis dan editor jurnal.

Rapat evaluasi diakhiri dengan kesepakatan untuk memperkuat koordinasi antar tim dan melakukan pembenahan pada aspek-aspek yang menjadi sorotan. Pascasarjana IAIN Parepare berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas penerbitan jurnal demi kontribusi yang lebih besar terhadap dunia akademik. (shz/alf)

di dalam Berita
saidinhamzah 22 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment