Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare Gelar Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur'an bagi Mahasiswa Baru

5 September, 2024 by
rahmawatiar
| No comments yet

Humas IAIN Parepare- Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare meluncurkan Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur'an (Gencar) bagi mahasiswa baru angkatan 2024. Kegiatan ini menjadi salah satu program unggulan Ma'had dalam rangka mengajarkan Baca Al-Qur’an bagi mahasiswa baru yang belum Lulus Ujian Placement Test Baca Al-Qur’an.

Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur'an di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an. Program ini biasanya menjadi bagian dari kegiatan Ma'had Al-Jami'ah yang merupakan pusat pengembangan dan pendidikan karakter berbasis Islam di IAIN Parepare. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan guna untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa, memperkuat pemahaman keagamaan, serta menanamkan nilai-nilai islami.

Kegiatan Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an ini memiliki 3 Metode Pembelajaran yang digunakan seperti Kelas Tahsin , kelas ini fokus pada perbaikan bacaan Al-Qur'an, terutama dari segi tajwid dan makhraj (pengucapan huruf yang benar), Muroja'ah , sesi mengulang hafalan ayat-ayat Al-Qur'an untuk memastikan mahasiswa mengingat dan memahami dengan baik, dan Tadarus Bersama dengan membaca Al-Qur'an secara berjamaah.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an (Gencar) berjumlah 400 mahasiswa baru dari 1.330 mahasiswa baru yang sudah mengikuti Placement Test Baca Al-Qur’an dan mereka wajib tinggal di asrama selama satu bulan secara bergilir. Setelah mereka mengikuti kegiatan tersebut mereka akan mendapatkan atau memperoleh Sertifikat Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an (Gencar).

“Saya sangat mendukung Kegiatan Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an dan berharap program ini bisa terus berkembang serta memberikan dampak positif baik pembentukan karakter Mahasiswa IAIN Parepare. Ini juga bisa menjadi program pembinaan berkelanjutan bagi mahasiswa baru yang kurang dalam membaca Al-Qur’an di tahun-tahun berikutnya. Saya juga berharap semua mahasiswa baik yang tinggal di Asrama maupun tidak, dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Kepala Ma'had Al Jami'ah, Budiman.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Ma'had Al-Jami'ah untuk terus membina dan membentuk karakter mahasiswa yang islami, berpengetahuan, dan berakhlak mulia. Dengan adanya Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur'an ini IAIN Parepare berharap dapat melahirkan generasi intelektual Muslim yang mampu menjadi pemimpin yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an. (rhm/mif)

in News
rahmawatiar 5 September, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment