LPM IAIN Parepare Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Audit Mutu Internal di FUAD

10 September, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan penerapan sistem manajemen mutu yang efektif, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare dibawah Pusat Audit dan Pengendalian Mutu menggelar kegiatan sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) pada Senin, (09/09/2024) di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Kegiatan ini menjadi bagian dari persiapan pelaksanaan AMI yang akan berlangsung pada 12 September hingga 22 November mendatang di lingkup IAIN Parepare.

Sosialisasi ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, ketua program studi, serta auditor internal yang akan terlibat dalam pelaksanaan AMI. Ketua LPM IAIN Parepare, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I dalam sambutannya menyatakan bahwa audit mutu internal adalah salah satu alat penting untuk memastikan bahwa semua proses akademik dan administratif berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Audit Mutu Internal merupakan sarana untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dan mendorong peningkatan kualitas secara berkelanjutan di lingkungan IAIN Parepare. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, semua pihak yang akan terlibat dapat memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam mendukung keberhasilan AMI," ujar Muhammad Qadaruddin.

Dalam sosialisasi ini, para peserta diberikan pemahaman mengenai jadwal pelaksanaan AMI, pengisian SIMONI dan instrument audit. Selain itu, dijelaskan pula tentang kriteria penilaian dan cara mendokumentasikan temuan audit.

Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Adnan Achiruddin Saleh mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian AMI. “kegiatan sosialisasi serupa juga akan dilaksanakan di setiap fakultas dan di tingkat pascasarjana serta unit/lembaga,” ungkapnya.

Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) di IAIN Parepare dijadwalkan pada bulan September hingga November 2024 mendatang yang mencakup; Pengisian Instrumen audit oleh Auditi 12 September s.d 10 November, Audit Dokumen oleh Auditor 11 s.d 15 November, Audit Lapangan oleh Auditor 18 s.d 19 November, Penyusunan laporan Hasil Audit 20 s.d 22 November.

Dalam proses audit, berbagai aspek mulai dari proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian serta administrasi akademik, hingga layanan mahasiswa. Setiap unit kerja akan diaudit untuk memastikan bahwa semua proses berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IAIN Parepare.

LPM IAIN Parepare berharap kegiatan AMI ini dapat menjadi langkah untuk memastikan implementasi sistem manajemen mutu di kampus berjalan dengan baik. Karena itu, tindak lanjut atas temuan ini akan dilaksanakan juga Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Tingkat Fakultas dan Pascasarjana serta Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada tingkat Institut (Mhy/Mif).

 

di dalam Berita
mahyuddin 10 September, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment