Komitmen dan Kekompakan Tim Jadi Kunci Sukses Penyelesaian 10 Borang Akreditasi di IAIN Parepare

15 Agustus, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare_ Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berhasil menyelesaikan dan mengirimkan 10 borang akreditasi program studi, Kamis, (15/08/2024) di Ruang Asesmen Lapangan LPM IAIN Parepare.

Kepala Pusat Pengembangan Standar dan Akreditasi, Sulvinajayanti, S.Kom., M.I.Kom mengungkapkan penyusunan dan pengajuan 10 borang akreditasi di IAIN Parepare tidaklah tercapai dalam waktu singkat.

“Proses ini melalui tahapan yang panjang dan berulang, disertai dengan reviu mendalam untuk memastikan bahwa setiap borang yang disusun benar-benar memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) maupun Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM),” ungkapnya.

Sulvinajayanti menambahkan bahwa proses ini telah melalui pendampingan intensif dan reviu internal oleh Tim LPM, evaluasi dan reviu oleh asesor eksternal, hingg tahap finalisasi dan submit dokumen. Ini  bertujuan untuk memastikan kualitas dan akurasi borang yang disusun telah sesuai standar.

Sementara itu, Ketua LPM Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I mengungkapkan keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen tinggi dan kekompakan luar biasa dari seluruh tim yang terlibat.

“Penyusunan sampai suksesnya submit 10 prodi karena adanya kekompakan dan sinergitas Pimpinan Institut dan Fakultas, Tim LPM, Tim Penyusun serta komitmen bersama akan pentingnya akreditasi sebagai proses SPME,” tegasnya.

Dalam proses penyusunan borang akreditasi, berbagai tantangan dihadapi oleh tim, mulai dari penyusunan data yang kompleks hingga penyesuaian dengan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi maupun Lembaga Akreditasi Mandiri. Namun, berkat kerja sama yang solid, koordinasi yang efektif, dan komitmen untuk memberikan yang terbaik, semua hambatan tersebut berhasil diatasi.

Ketua LPM IAIN Parepare tidak luput  menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh tim yang telah bekerja keras termasuk Tim LPM yang senantiasa kompak dan memberikan kontribusi siginifikan dalam proses pendampingan.

"Keberhasilan ini bukan hanya tentang terselesaikannya 10 borang akreditasi, tetapi juga tentang bagaimana kita sebagai sebuah institusi mampu bersatu, berkomitmen, dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama sampai pada tahapan asesmen lapangan," ujar Muhammad Qadaruddin.

Dalam proses penyusunan borang akreditasi ini  LPM memainkan peran yang sangat vital. LPM menjadi garda terdepan dalam memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta menjamin kualitas dan integritas data yang disajikan.

Sesuai dengan rencana, terdapat 13 prodi yang diusulkan akan submit bulan Agustus. Hingga saat ini, masih terdapat 3 prodi yang belum yakni dua dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan satu prodi dari Pascasarjana. IAIN Parepare optimis dapat meraih hasil akreditasi yang memuaskan dan semakin memperkokoh posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia Timur (Mhy/Mif).

di dalam Berita
mahyuddin 15 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment