Kolaborasi Global: Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare, Hadiri Pertemuan Penguatan Kerja Sama PTKI

6 Agustus, 2024 oleh
ameliawulandari
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Demi meningkatkan kebutuhan mutu akademik dan relevansi kurikulum, Direktorat Jendral Pendidikan Islam mengadakan pertemuan penting dalam rangka Penguatan Kerja Sama Internasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang berlangsung pada tanggal 1 hingga 3 Agustus 2024 yang berlangsung di Hotel Novotel Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh 78 orang peserta yang terdiri dari Tim Kementerian Agama (Kemenag) Pusat, Humas Pendis, dan Anggota Konsorsium Pusat Bahasa PTKI.

Pertemuan ini memiliki tiga luaran utama, yang dibahas secara mendalam selama tiga hari kegiatan. Luaran pertama adalah rancangan pelaksanaan seleksi mahasiswa asing untuk Kawasan Asia Timur Tengah pada tahun 2025. Diskusi ini bertujuan untuk memperkuat sistem seleksi agar lebih efektif dan transparan, dalam menghadapi tantangan global.

Luaran kedua adalah sosialisasi isu-isu terkini mengenai tata kelola penerimaan mahasiswa asing, dari kawasan Middle East and North Africa (MENA). Pada sesi ini, peserta mendapatkan wawasan terbaru mengenai kebijakan dan regulasi yang memengaruhi penerimaan mahasiswa internasional, sehingga dapat diimplementasikan dengan lebih baik di masing-masing institusi.

Luaran ketiga adalah rancangan regulasi petunjuk teknis penerimaan mahasiswa asing, untuk tahun 2025. Regulasi ini diharapkan dapat menjadi pedoman yang jelas bagi seluruh PTK di dalam menyelenggarakan proses penerimaan mahasiswa asing secara efisien.

Selain itu, terdapat juga penyampaian materi dari Subdit Kelembagaan dan Kerja Sama mengenai proyeksi beasiswa Maroko untuk tahun 2025. Di dalam pertemuan ini juga terbahas kebijakan pemberian beasiswa Al-Azhar Mesir. Materi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang komprehensif mengenai peluang beasiswa yang tersedia, sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa secara optimal.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat Kerja Sama Internasional antar-PTKI, serta meningkatkan kualitas penerimaan dan pengelolaan mahasiswa asing di Indonesia.

Melalui penyelenggaraan pertemuan ini, saya berharap akan tercipta sinergi yang lebih baik antara berbagai pihak terkait dalam menghadapi tantangan global di dunia pendidikan tinggi Islam, baik dalam bentuk penerimaan mahasiswa asing maupun dalam seleksi pemberian beasiswa luar negeri," ujar Nurhamdah. (Aw/Srh)

di dalam Berita
ameliawulandari 6 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment