Dirga Achmad, Ajak Pemilih Pemula Sidrap Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

12 Juli, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sidrap mengadakan kegiatan "Bawaslu Menyapa Pemilih Pemula Pemilih Pemuda" di Hotel Grand Zidni Sidrap, Jumat (12-7-2024).


Dirga Achmad, dosen Hukum Tata Negara (HTN) IAIN Parepare, hadir sebagai narasumber untuk mengedukasi pemilih pemula tentang pentingnya partisipasi aktif dalam pilkada 2024.



Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan siswa dari berbagai sekolah menengah atas di Sidrap, termasuk SMAN 1, SMAN 2, SMAN 11, SMAN 6, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 5, MAS Ma'had DDI, dan MAS DDI As Salman.


Dalam pemaparannya, Dirga Achmad menekankan potensi besar pemilih muda, yang lebih dari 50% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), dalam menentukan jalannya pilkada yang demokratis.


"Dalam politik, jika kita yang berintegritas dan berkualitas tidak mengambil peran, maka ruang itu akan direbut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tegas Dirga.


Ia mendorong kaum muda untuk tidak hanya berpartisipasi sebagai pemilih di TPS, tetapi juga terlibat aktif dalam seluruh tahapan pilkada, termasuk menjadi tim sukses, pemantau pemilu, atau penyelenggara pemilu.


"Banyak hal yang bisa dilakukan kaum muda dan pemilih pemula untuk berpartisipasi. Tujuannya adalah mewujudkan pilkada yang berintegritas dan menghasilkan pemimpin yang adil," lanjut Dirga.


Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Humas, dan Hubal Bawaslu Sidrap, Asmawati Salam, juga menegaskan peran strategis pemilih muda dalam meningkatkan kualitas pemilu dan pilkada.


"Selain diharapkan perannya di masyarakat, para peserta ini juga diharapkan dapat menjadi corong atau perpanjangan tangan kami di Bawaslu untuk bersama-sama mewujudkan pilkada Sidrap berintegritas dan berkualitas," tutupnya.


Kegiatan "Bawaslu Menyapa Pemilih Pemula Pemilih Pemuda" ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk generasi muda Sidrap yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab dalam menggunakan hak pilihnya untuk membangun masa depan bangsa. (Irm/Tin)

di dalam Berita
Irmawati 12 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment