Warek I IAIN Parepare Tekankan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi melalui Pengabdian kepada Masyarakat

2 يوليو, 2024 بواسطة
fikruzzamansaleh
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare - IAIN Parepare menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-35 di Auditorium IAIN Parepare, Senin-Rabu (01-03/07/2024). Salah satu narasumber dalam acara ini Warek I IAIN Parepare H. Saepudin yang menyampaikan materi tentang "Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi melalui Pengabdian kepada Masyarakat".

 

Dalam paparannya, Saepudin menekankan bahwa pengabdian kepada masyarakat salah satu dari tiga pilar utama perguruan tinggi, selain pendidikan dan pengajaran serta penelitian. Menurutnya, melalui kegiatan KKN, IAIN Parepare dan mahasiswanya dapat menebarkan sejuta manfaat bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan hadis yang menyatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

 

Saepudin juga mengutip QS. Al-Ashr yang menekankan pentingnya amal shalih dan saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Ia menjelaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat mencakup segala perbuatan baik yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya, baik yang bersifat wajib maupun sunnah.

 Menurut Saepudin, para filosof seperti Aristoteles, Confucius, dan Dalai Lama juga menekankan pentingnya berbuat baik kepada orang lain sebagai jalan menuju kebahagiaan sejati. Aristoteles menyatakan bahwa kebahagiaan sejati dicapai melalui pengembangan kebaikan dan berbuat baik kepada orang lain, sementara Confucius mengajarkan prinsip emas "Do not do to others what you do not want done to yourself." Dalai Lama menekankan bahwa tujuan utama hidup ini adalah untuk membantu orang lain.

 

Lebih lanjut, Saepudin menjelaskan bagaimana mahasiswa dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui program KKN atau pengabdian kepada masyarakat lainnya. Ia menekankan bahwa pengabdian kepada masyarakat tidak hanya berdampak positif bagi masyarakat, tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. “Kegiatan KKN dapat berkontribusi pada akreditasi dan peringkat akreditasi unggul dengan memenuhi standar luaran, proses, dan masukan pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya.

 

Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan mahasiswa KKN IAIN Parepare dapat lebih siap dan efektif dalam melaksanakan tugas pengabdian mereka di masyarakat, serta mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu perguruan tinggi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. (hrm/fzs/mif)


fikruzzamansaleh 2 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً