Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 49 Bantu Kelompok Tani Wanita di Desa Palece Kelola Sabuk Kelapa untuk Pelindung Bibit Tanaman

15 يوليو, 2024 بواسطة
fikruzzamansaleh
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare – Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 49 yang ditempatkan di Desa Palece, Kecamatan Limboro, melakukan observasi di Dusun 05 dan membantu menanam serta menata kebun anggota Kelompok Tani Wanita (KTW) pada hari Jumat, (12-07-2024). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengolah sabuk kelapa sebagai pelindung bibit tanaman agar dapat tumbuh optimal dan memiliki daya jual tinggi.

Sabuk kelapa memiliki banyak manfaat untuk melindungi bibit tanaman dari berbagai faktor yang dapat menghambat pertumbuhannya. Di antaranya melindungi bibit dari hujan dan sinar matahari berlebihan yang dapat menyebabkan tanaman layu. Menjaga kelembapan tanah agar tidak mudah kering atau terlalu basah. Membantu bibit agar tumbuh tegak dan kokoh.


Kegiatan KKN ini dimulai dengan observasi kebun KTW di Dusun 05. Mahasiswa KKN mengamati kondisi kebun dan mempelajari cara pengolahan sabuk kelapa sebagai pelindung bibit tanaman. Kemudian, mereka membantu anggota KTW menanam dan menata bibit tanaman di kebun.

Kegiatan KKN ini berjalan lancar dengan penuh semangat dan kerja sama antara mahasiswa KKN dan anggota KTW. Masyarakat Dusun 05 menyambut baik kegiatan ini dan memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa KKN.


Yasmine, salah satu anggota KTW, mengungkapkan rasa senangnya atas bantuan mahasiswa KKN. "Kami sangat senang dengan bantuan dari mahasiswa KKN. Mereka membantu kami dalam mengolah sabuk kelapa dan menanam bibit tanaman. Kami berharap dengan bantuan ini, kebun kami akan menghasilkan panen yang melimpah dan berkualitas tinggi," ujarnya.

Insani Tiara Agatha, salah satu mahasiswa KKN, berharap perkebunan KTW di Dusun 5 Desa Palece dapat memberikan hasil yang melimpah dengan kualitas terbaik dan memiliki daya jual tinggi. "Kami berharap dengan bantuan kami, KTW di Dusun 5 Desa Palece dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan anggotanya," tuturnya.(fzs/srh)


fikruzzamansaleh 15 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً