Mahasiswa Baru IAIN Parepare Tahun 2024 Mengikuti Placement Test Baca Al-Qur’an

25 أغسطس, 2024 بواسطة
rahmawatiar
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare--Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare menyelenggarakan Placement Test Baca Al-Qur’an bagi seluruh mahasiswa baru IAIN Parepare tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 22 s.d. 23 Agustus 2024 di Perpustakaan lantai 1 IAIN Parepare.


Pada tanggal 22 Agustus 2024, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, sedangkan pada tanggal 23 Agustus 2024, kegiatan diikuti oleh mahasiswa baru  dari Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah.

Kegiatan Placement Test Baca Al-Qur’an ini merupakan agenda rutin tahunan IAIN Parepare, yang pelaksanaannya dikoordinir oleh Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare. Jumlah mahasiswa yang mengikuti placement test baca Al-Qur’an ini adalah 1.304 orang, dengan jumlah tim penguji dari kalangan dosen IAIN Parepare sebanyak 36 orang. Ujian dimulai pukul 07.30 hingga 12.00 Wita.

Placement Test adalah tes yang digunakan untuk menilai kemampuan atau keterampilan tertentu dari peserta didik. Dalam hal ini, Placement Test Baca Al-Qur’an bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan mahasiswa baru dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hasil dari tes ini akan digunakan untuk menempatkan mahasiswa pada tingkat pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan mereka. Jika hasil tes menunjukkan bahwa seorang mahasiswa memerlukan pembinaan tambahan,  mereka akan diarahkan untuk mengikuti program pembelajaran khusus.

Untuk mengikuti placement test baca Al-Qur’an ini, terdapat beberapa aspek yang dinilai. Tes ini bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Berikut adalah hal yang diuji dalam tes penempatan baca Al-Qur’an

1.⁠ ⁠tajwid;

2.⁠ ⁠mad;

3.⁠ ⁠mampu membaca, tetapi mad (bacaan panjang/pendek) kurang baik);

4.⁠ ⁠mengenal huruf;

5.⁠ ⁠tidak Mengenal Huruf/Buta Aksara Al-Qur’an.

Untuk mempersiapkan  Placement Test Baca Al-Qur’an ini, penguji memberikan kesempatan kepada peserta untuk membaca secara acak 2 dari 7 surah yang telah disiapkan, yaitu:

1.⁠ ⁠QS. Al-A’raf

2.⁠ ⁠QS. Ar-Ra’du

3.⁠ ⁠QS. Maryam

4.⁠ ⁠QS. Shad

5.⁠ ⁠QS. Asy-Syura

6.⁠ ⁠QS. Al-Jatsiyah

7.⁠ ⁠QS. Qaf

Mahasiswa yang tidak memenuhi kriteria kelulusan Placement Test Baca Al-Qur’an akan diberikan pembinaan khusus oleh Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare berupa pembelajaran Baca Al-Qur’an. Pembinaan ini akan dibimbing oleh tutor sebaya yang telah disiapkan oleh pengurus Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare. (Rhm/Tin)

rahmawatiar 25 أغسطس, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً