Humas IAIN Parepare—Dr.Herdah, M. Pd. dosen Bahasa Arab di IAIN Parepare, mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Peluang dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab di Era Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Pengembangan Keterampilan Berbahasa (Studi Kasus IAIN Parepare)” Rabu, 30 Oktober 2024, di lantai 5 gedung perpustakaan IAIN Parepare pada Kegiatan Reviu Luaran dan Seminar Hasil Penelitian oleh Penerima Bantuan Penelitian Berbasis SBK Tahun 2024
Penelitian ini merupakan penelitian interdisipliner yang melibatkan anggota Abd. Rahman K., M. Ag., H. Ikbal Hasanuddin, M.Pd. dan dua mahasiswa. Dalam presentasinya, Herdah menyoroti tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama terkait dengan beragamnya kemampuan dan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Ia menekankan perlunya integrasi teknologi dalam pembelajaran, mengingat substansi pembelajaran bahasa Arab tidak hanya bersifat akademik, tetapi juga relevan dengan dunia kerja. “Perlu ditindaklanjuti integrasi pembelajaran dalam teknologi. Jika kebijakan sudah ada, maka kita harus mengimplementasikannya di kampus,” ungkap Herdah.
Dua reviewer, Dr. Firman dan Dr. Buhaera memberikan masukan berharga terkait tindak lanjut penelitian ini. Dr. Firman menyarankan agar hasil penelitian dapat diimplementasikan dalam bentuk pengabdian di sekolah-sekolah atau madrasah, agar manfaatnya dapat dirasakan lebih luas.
Presentasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mendorong pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dalam pengajaran bahasa Arab di lingkungan IAIN Parepare. (Rhm/Tin)
Herdah Dosen Pendidikan Bahasa Arab Rekomendasikan Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran