Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Perkuat Sistem Penjaminan Mutu melalui Penyusunan Renstra

11 أكتوبر, 2024 بواسطة
Nur Aeni K
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare- Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare menggelar kegiatan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada, Kamis (10/10/2024). Kegiatan yang berlangsung di Aula Mini Gedung Rektorat Lantai Dua ini bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten.

Dekan FUAD, A. Nurkidam, saat membuka acara menekankan pentingnya penyusunan Renstra dan SPMI sebagai upaya untuk mewujudkan visi fakultas. "Dengan adanya Renstra dan SPMI yang jelas, kita dapat mengukur kinerja dan memastikan pencapaian target yang telah ditetapkan," ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber kompeten, yaitu Prof. Zulfahmi Alwi, dan Prof. Nurhidayah yang memberikan pemahaman mendalam tentang kebijakan SPM DIKTI dan langkah-langkah penyusunan Renstra. Prof. Zulfahmi Alwi mengungkapkan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah "ruhnya" perguruan tinggi. Sistem ini memastikan bahwa setiap proses akademik di dalam fakultas berjalan sesuai standar yang ditetapkan sehingga kualitas pendidikan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Sedangkan, Prof. Nurhidayah menjelaskan berbagai tahapan yang diperlukan untuk merumuskan rencana strategis yang komprehensif, dimulai dari pengenalan, alur pikir penyusunan Renstra, proses penyusunan, kerangka naskah, hingga perumusan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran (VMTS), outline rencana strategis, dan rangkuman (summary). Panduan ini diharapkan dapat membantu fakultas dalam mencapai target jangka panjang yang sesuai dengan visi dan misi institusi.

Para peserta yang terdiri dari pimpinan fakultas dan para ketua prodi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini mendorong partisipasi aktif dari seluruh peserta yang berkomitmen memberikan masukan dan ide dalam penyusunan rencana strategis, sehingga hasil akhirnya relevan dan berkelanjutan, guna mendukung peningkatan kualitas fakultas secara keseluruhan. (aen/mif)


Nur Aeni K 11 أكتوبر, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً