Lulus UJi Kompetensi Microsoft Certified Educator, Dosen IAIN Parepare Siap Transformasi Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi

26 يوليو, 2024 بواسطة
Suherman
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare – Upaya transformasi pendidikan yang dilakukan IAIN Parepare melalui pengajaran berbasis teknologi informasi optimis semakin cepat terwujud. Hal ini ditunjukkan dengan lulusnya 33 orang dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare pada ujian kompetensi dan meraih sertifikat Microsoft Certified Educator (MCE). Sertifikat MCE ini dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang memvalidasi seseorang memiliki kompetensi literasi teknologi pendidik global.


 Ujian kompetensi ini dilaksanakan setelah dosen IAIN Parepare secara konsisten mengikuti pelatihan intensif C21LD (21st Century Learning Design) selama 3 hari, yaitu Senin - Rabu, (22 - 24/2024) yang berlangsung secara luring. Pelatihan ini sendiri adalah kolaborasi antara UPT. Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Parepare dan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Sunan Gunung Jati Bandung.


Rektor IAIN Parepare, Hannani, menyampaikan apresiasinya kepada para dosen yang telah lulus ujian sertifikasi. "Pencapaian ini merupakan bukti nyata komitmen kami dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Dengan sertifikat MCE, para dosen kini memiliki pengakuan internasional atas kemampuan mereka dalam menerapkan teknologi informasi dalam pendidikan," ujar Hannani.


Pelatihan dan ujian sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam mendesain pembelajaran abad ke-21 yang berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Selain itu, sertifikasi MCE diharapkan dapat memfasilitasi para dosen dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inovatif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan zaman.


Kepala UPT. TIPD IAIN Parepare, Sufyaldy, menyatakan bahwa keberhasilan ini sejalan dengan program strategis institusi. "Kami sangat antusias dengan hasil ini karena mendukung visi kami untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Para dosen telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mempersiapkan diri untuk ujian ini," kata Sufyaldy.


Salah satu dosen yang berhasil meraih sertifikat MCE, Maemunah dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, mengungkapkan kebahagiaannya. "Sertifikasi ini memberikan saya banyak wawasan baru tentang integrasi teknologi dalam pembelajaran. Saya siap untuk menerapkan keterampilan baru ini di kelas dan membuat pembelajaran lebih menarik bagi mahasiswa," tuturnya.


Para dosen yang telah lulus ujian sertifikasi MCE diharapkan dapat menjadi pelopor dalam penerapan teknologi informasi di lingkungan pendidikan IAIN Parepare. Dengan sertifikasi ini, mereka memiliki pengakuan global yang dapat meningkatkan kredibilitas dan kompetensi institusi secara keseluruhan.


Dengan pencapaian ini, IAIN Parepare semakin mantap dalam langkahnya menuju Akreditasi Unggul dan Internasional. Keberhasilan para dosen meraih sertifikat MCE menunjukkan komitmen institusi dalam meningkatkan mutu pendidikan, adaptif terhadap perkembangan teknologi, dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21.

Suherman 26 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً