PSGA IAIN Parepare Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender di PTRG Award UIN Mataram

17 Oktober, 2024 oleh
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berhasil meraih penghargaan bergengsi pada ajang Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG) Award yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.


PSGA IAIN Parepare dianugerahi predikat Perguruan Tinggi Responsif Gender kategori Pratama atas komitmen dan inovasi dalam membangun lingkungan kampus yang inklusif dan responsif terhadap isu gender dan anak. Pemberian award diberikan langsung oleh Direktur PTKI Prof. Ahmad Zainul Hamdi kepada Kepala Pusat PSGA Nur Aifah, Kamis (17/10/2024).


PSGA IAIN Parepare mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Responsif Gender kategori Pratama pada ajang PTRG Award . Penghargaan ini diberikan kepada PSGA IAIN Parepare, sebuah lembaga yang fokus pada penelitian, advokasi, dan program-program terkait gender dan anak.


PSGA IAIN Parepare dinilai layak meraih penghargaan ini karena berbagai inisiatifnya, seperti keterlibatan perempuan dalam kepemimpinan kampus, survei lingkungan kerja responsif gender dan ramah anak, penyediaan layanan educare bagi anak-anak, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis gender dan anak, dan membangun jejaring dengan pemerintah kota Parepare, PTKI, dan jejaring di tingkat nasional. Selain itu, PSGA juga telah menghasilkan publikasi ilmiah, buku ajar, serta Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis gender.


PSGA IAIN Parepare mampu menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan lingkungan akademik yang inklusif melalui berbagai program dan kegiatan. Hal ini diperkuat dengan kolaborasi antar stakeholder di dalam dan luar kampus, yang mengedepankan kepemimpinan perempuan dan kesetaraan gender.


"Dengan adanya penghargaan ini PSGA IAIN PAREPARE dapat memperkuat perannya di lingkungan kampus. Menumbuhkan kesadaran bagi sivitas akademika agar responsif gender dan anak dan mamlu mengembangkan program baik dari lingkungan kampus maupun luar kampus" Ujar Nur Afiah.


Dengan pencapaian ini, IAIN Parepare melalui PSGA terus berupaya memperluas dampak positifnya dalam memajukan kesadaran gender di lingkungan akademik dan masyarakat luas. (fzs/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 17 Oktober, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment