IAIN Parepare Perkuat Pengabdian Masyarakat, 22 Program Pengabdian Tanda Tangan Kontrak

24 Oktober, 2024 oleh
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare –  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kembali menunjukkan komitmennya. Sebanyak 22 kelompok program pengabdian, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi resmi menandatangani kontrak bantuan penelitian yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Rabu (23/10/2024) di Lobi LP2M.


Penandatanganan kontrak ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Kepala Pusat Pengabdian, Musmulyadi, mengungkapkan harapan besarnya terhadap program ini. "Kami berharap program pengabdian berbasis prodi ini dapat menjadi katalisator dalam penguatan IAIN Parepare sebagai perguruan tinggi Islam yang benar-benar hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

Melalui program ini, para dosen akan terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang ada. Mulai dari bidang pendidikan, sosial, ekonomi, hingga pengembangan masyarakat, diharapkan penelitian yang dilakukan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.


"Program ini akan mendorong dosen dan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka miliki secara langsung dalam bentuk tindakan nyata," tambah Musmulyadi.


Salah satu keunggulan program ini adalah mendorong kolaborasi antar program studi. Dengan bekerja sama, para dosen dapat menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang lebih komprehensif untuk permasalahan yang kompleks.

"Kami berharap program ini dapat menjadi wadah bagi para dosen untuk berinovasi dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Rini Purnamasari, salah satu peserta program.


Selain memberikan manfaat bagi masyarakat, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan reputasi IAIN Parepare sebagai pusat pengembangan keilmuan Islam. Hasil penelitian yang berkualitas dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah bereputasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas akademik dosen dan memperkuat portofolio program studi.

"Dokumentasi program yang baik akan menjadi model best practice yang bisa menjadikan IAIN Parepare sebagai rujukan dalam pengembangan program pengabdian berbasis prodi," tegas Musmulyadi.


Dengan adanya program bantuan penelitian ini, IAIN Parepare semakin memantapkan posisinya sebagai perguruan tinggi yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, IAIN Parepare tidak hanya mencetak lulusan yang berkualitas, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.(fzs/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 24 Oktober, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment