Wakil Rektor III IAIN Parepare Bekali Mahasiswa untuk Pengabdian Masyarakat yang Optimal

3 Juli, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Wakil Rektor III Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare M. Ali Rusdi menjadi narasumber dalam pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan di Auditorium IAIN Parepare pada, Rabu (03/07/2024) dengan mengangkat tema "Peran Mahasiswa IAIN Parepare dalam Pengabdian kepada Masyarakat". 


Ali Rusdi memaparkan secara komprehensif mengenai manfaat KKN, keterampilan yang dibutuhkan, karakter yang harus dimiliki mahasiswa, serta strategi penyusunan program kerja yang efektif. Dalam paparannya, Ali Rusdi menekankan bahwa KKN bukan sekadar kewajiban akademik, melainkan peluang emas bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan mereka secara nyata di tengah masyarakat. Lebih dari itu, KKN adalah wadah pengembangan diri mahasiswa, baik dalam hal keterampilan sosial, komunikasi, kepemimpinan, maupun kemampuan pemecahan masalah.


"Mahasiswa memiliki potensi kekuatan yang besar, seperti idealisme, intelektualitas, serta peran sebagai agen perubahan dan kontrol sosial. Namun, mahasiswa juga memiliki kelemahan, seperti kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan berbicara di depan umum. Ketika terjun ke masyarakat, mahasiswa perlu mengelola kekuatan dan kelemahan ini dengan bijak. Kekuatan dapat dioptimalkan menjadi potensi bermanfaat, sementara kelemahan harus diatasi  agar mahasiswa dapat menjalankan peran pengabdian masyarakat secara optimal," ujar Ali Rusdi.


Selain itu, Ali Rusdi juga memberikan panduan praktis dalam penyusunan program kerja KKN. Ia menekankan pentingnya program kerja yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, terukur, berkelanjutan, serta melibatkan partisipasi aktif masyarakat agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal.


Kepala Pusat Pengabdian LPPM IAIN Parepare Musmulyadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wakil Rektor III atas materi yang disampaikan. "Materi yang disampaikan sangat relevan dan memberikan wawasan yang mendalam bagi para mahasiswa peserta KKN. Kami berharap, dengan bekal yang telah disampaikan, para mahasiswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam melaksanakan KKN. Kami juga mengajak seluruh peserta KKN untuk selalu bersemangat, menjaga integritas, dan memberikan yang terbaik dalam setiap kegiatan yang dilakukan di masyarakat," ujar Musmulyadi.


Kurnia Tri Wulandari, salah seorang peserta KKN Nusantara Moderasi Beragama, mengungkapkan antusiasmenya. "Materi yang disampaikan sangat  bermanfaat,  terkait peran kita sebagai mahasiswa nantinya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Ini salah satu bekal yang paling utama untuk membuka wawasan baru, dan bagaimana bisa menjalankan tugas dan peran kita sebagai seorang mahasiswa yang salah satunya itu Agent of Change,” ujarnya dengan semangat. (irm/mif)

di dalam Berita
Irmawati 3 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment