UPT Perpustakaan Gelar Workshop Digitalisasi Pustaka untuk Pustakawan se-Kota Parepare

16 Oktober, 2024 oleh
Nur Aeni K
| No comments yet

Humas IAIN Parepare- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan workshop bertajuk "Digitalisasi Bahan Pustaka Tahun 2024 berbasis aplikasi SLiMS" yang dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Lantai 5 pada, Rabu (16/10/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengelola serta mendigitalisasi koleksi pustaka yang sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.


Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan, Sirajuddin, menyampaikan pentingnya digitalisasi pustaka sebagai langkah strategis untuk memperluas akses masyarakat terhadap literatur akademik.


Workshop ini juga dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, H. Saepudin. Dalam sambutannya, Saepudin mengapresiasi inisiatif UPT Perpustakaan dalam memajukan layanan perpustakaan. "Mudah-mudahan perpustakaan di Parepare semakin maju di masa depan. Perpustakaan adalah tempat di mana ilmu pengetahuan dijaga hingga diwariskan kepada generasi kita. Oleh karena itu, pengelolaan yang baik sangat diperlukan agar sumber-sumber ilmu pengetahuan terjaga dengan baik," ungkapnya.


Saepudin juga berharap melalui workshop ini, para peserta dapat memahami proses digitalisasi bahan pustaka berbasis aplikasi dengan baik, guna meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.

Salah satu sorotan utama dalam workshop ini adalah materi mengenai Senayan Library Management System (SLiMS) yang disampaikan oleh Adipar, dan Achmad Adil. Adipar, dalam materinya, menekankan pentingnya SLiMS dalam mengotomatiskan berbagai proses di Perpustakaan, seperti katalogisasi, sirkulasi, dan akuisisi. Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana SLIMS dapat digunakan untuk mengintegrasikan koleksi digital dengan koleksi fisik. 


Sementara itu, Achmad Adil memberikan tips dan trik dalam mengelola perpustakaan berbasis SLiMS secara efektif dan efisien.


Adapun peserta workshop merupakan pustakawan dari berbagai instansi di Kota Parepare yang antusias mempelajari teknik-teknik pemindaian buku hingga pengelolaan arsip digital melalui aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS). (aen/mif)

di dalam Berita
Nur Aeni K 16 Oktober, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment