ToT Pembina Asrama Ma'had Al-Jami'ah, Meningkatkan Kompetensi Bahasa Asing

5 September, 2024 oleh
rahmawatiar
| No comments yet

Humas IAIN Parepare- Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare melaksanakan Training of Trainers (ToT) untuk para pembina asrama dengan fokus pada peningkatan kompetensi dalam pembelajaran bahasa asing. Materi tersebut dibawakan oleh Aksa Muhammad Nawawi, Minggu (01/09/2024) di Masjid Al-Wasilah IAIN Parepare.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan para pembina dalam mendukung penguasaan bahasa asing oleh Mahasantri, khususnya bahasa Arab dan Inggris yang menjadi bagian penting dari kurikulum di Ma'had.

Pelatihan ini diikuti oleh para pembina asrama yang memiliki peran sentral dalam membimbing Mahasantri tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam penguasaan keterampilan bahasa asing.

Pembina asrama mendapatkan pelatihan mengenai metode pengajaran bahasa asing yang interaktif dan praktis. Materi ini membahas penggunaan teknik komunikatif yang mendorong mahasantri untuk lebih aktif dalam berlatih berbicara dan memahami bahasa Arab dan Inggris dalam konteks sehari-hari.

“Salah satu fokus utama dari ToT ini, pembina asrama bisa mengintegrasikan penggunaan bahasa asing dalam berbagai kegiatan di asrama. Misalnya, percakapan rutin dalam bahasa Arab atau Inggris selama aktivitas harian, seperti saat makan, belajar, atau waktu luang, untuk memperkuat kemampuan mahasantri secara alami,” ujar Aksa Muhammad.

Pembina juga dilatih untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan Mahasantri dengan memotivasi Mahasantri untuk menggunakan bahasa asing secara aktif dan kreatif. Selain itu, mereka juga dilatih untuk memberikan feedback yang konstruktif dan memotivasi, yang dapat membantu mahasantri memperbaiki kesalahan dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

Pembina asrama juga diajarkan cara memanfaatkan berbagai aplikasi dan sumber daya digital yang dapat mendukung pembelajaran bahasa asing. Ini termasuk penggunaan aplikasi pembelajaran bahasa, platform video untuk mendengarkan dan menonton konten dalam bahasa asing, serta media sosial sebagai alat praktik bahasa.

ToT ini diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa asing di Asrama Ma'had Al-Jami'ah, sekaligus membekali para pembina dengan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menginspirasi. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Ma'had untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pembinaan santri di segala aspek. (rhm/mif)

di dalam Berita
rahmawatiar 5 September, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment