LPM Gelar Pembekalan dan Pelepasan 95 Peserta MBKM ke Berbagai Instansi

5 September, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare_ Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyelenggarakan acara pembekalan dan pelepasan bagi 95 mahasiswa yang akan mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Juma’t (30/08/2024) di Gedung Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag, Wakil Rektor I Bidang APK, Dr. Saepudin, M.Pd, Ketua LPM Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I, para Dekan dan sejumlah Ketua Program Studi lingkup IAIN Parepare.

Ketua LPM, Muhammad Qadaruddin mengatakan MBKM merupakan ajang untuk mengembangkan kompetensi diri. “MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan praktis, baik hard skills (seperti kemampuan teknis) maupun soft skills (seperti komunikasi, manajemen waktu, dan kerjasama tim) yang sangat dibutuhkan di dunia kerja,” ungkapnya.

Beberapa instansi yang menjadi tempat magang mahasiswa di antaranya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), PT PLN (Persero), PT Sevima, serta beberapa instansi lainnya. Program ini diharapkan mampu memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam dunia kerja, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah.

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag dalam sambutannya, menekankan pentingnya menguasai skill abad 21 terutama yang mengikuti program MBKM ini.

"Kreatif, berpikir kritis, komunikasi dan kolaboratif merupakan skill yang perlu dikuasai saat ini. Program MBKM merupakan kesempatan emas bagi kalian untuk mengasah keterampilan, memperluas jaringan, dan mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya," ujarnya.

Rektor juga berharap setelah mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung di lapangan tanpa harus menghilangkan ilmu yang umumnya didapatkan di perkuliahan.

Dalam sesi pembekalan, para mahasiswa diberikan berbagai materi terkait etika professional kerja, manajemen waktu, pengembangan soft skills, serta pengetahuan mengenai instansi yang akan mereka tempati.

Untuk diketahui, program MBKM di IAIN Parepare telah memasuki tahun kedua melaksanakan program (MBKM). Ini menunjukkan bahwa IAIN Parepare berkomitmen dalam mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa, sekaligus berkontribusi dalam mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja (Mhy/Mif).

 

di dalam Berita
mahyuddin 5 September, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment