Tim Humas IAIN Parepare Kembali Mengikuti Diklat di BPSDM Pusdiklat Kominfo

12 August, 2024 by
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Tim Humas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kembali mengikuti kegiatan pendidikan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia di Kebun Jeruk, Jakarta. Kali ini, dua orang dari tim humas IAIN Parepare, yakni Suherman dan Alfiansyah Anwar, berpartisipasi dalam diklat tersebut. Sebelumnya, staf Humas IAIN Parepare, Irmawati ikut dalam kegiatan tersebut.


Diklat Kehumasan yang diikuti adalah Diklat Teknik Lobby, Negoisasi dan Diplomasi serta Jurnalistik Kehumasan. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Pusdiklat Kominfo RI, Baso Saleh akan berlangsung selama 4 hari, yaitu Senin – Kamis (12-16/8/2024). Peserta diklat berasal dari insan humas dari berbagai instansi pusat dan daerah.


Suherman, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Humas IAIN Parepare, menjelaskan bahwa Kominfo merupakan instansi pembina fungsional humas di berbagai instansi, termasuk humas di Kementerian Agama. “Alhamdulillah, sejak tahun 2020, IAIN Parepare selalu mendapat kesempatan untuk mengikuti diklat di Kominfo, baik yang dilaksanakan secara daring maupun luring,” ungkap Suherman.

Kegiatan diklat ini adalah yang kedua kalinya diikuti oleh Tim Humas IAIN Parepare pada tahun ini. Sebelumnya, pada bulan Mei 2024, mereka juga telah mengikuti diklat serupa yang berlangsung di Pusdiklat Kominfo. "Diklat ini memberikan banyak manfaat bagi kami dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme kerja, terutama dalam bidang komunikasi dan informasi," tambah Suherman.


Suherman juga menyampaikan bahwa IAIN Parepare mungkin sudah dikenal baik di Pusdiklat Kominfo, sehingga informasi mengenai diklat selalu sampai kepada mereka dan pengajuan pendaftaran pun dapat diterima dengan mudah. “Hal ini tentu merupakan sebuah kehormatan bagi kami karena bisa terus terlibat dalam kegiatan pengembangan kapasitas seperti ini,” lanjutnya.


Sementara itu, Alfiansyah Anwar, salah satu anggota tim humas yang ikut serta dalam diklat tersebut, mengungkapkan rasa antusiasmenya. “Diklat ini memberikan wawasan baru dan memperdalam pemahaman kami tentang strategi komunikasi yang efektif, terutama dalam konteks pelayanan informasi di lingkungan akademik,” kata Alfiansyah.


Kegiatan diklat yang diikuti oleh tim humas IAIN Parepare ini mencakup berbagai materi terkait manajemen humas, teknik penulisan berita, strategi media sosial, serta pengelolaan krisis komunikasi. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama peserta dari berbagai instansi lainnya.


Lebih lanjut, Alfiansyah berharap keikutsertaan tim humas IAIN Parepare dalam diklat ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas layanan informasi dan publikasi di IAIN Parepare. “Kami akan terus berupaya meningkatkan kompetensi dan pengetahuan kami agar dapat memberikan yang terbaik bagi institusi,” ucapnya. (Irm/Alf)

in News
Irmawati 12 August, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment