Mahasiswa KKN IAIN Parepare Observasi Sumber Air Bersih di Sungai Renggeang

15 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Mahasiswa KKN IAIN Parepare Angkatan 35 Posko 47 melakukan observasi di sungai Renggeang, Kecamatan Limboro, Desa Renggeang (Sabtu, 13 Juli 2024). Sungai ini merupakan sumber air bersih bagi Masyarakat setempat yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk air minum.

Kegiatan observasi ini bertujuan untuk memahami bagaimana Masyarakat Desa Renggeang mengambil air bersih dari sungai. Air dari sungai ini diambil langsung oleh Warga dengan menggunakan gayung dan kemudian dibawa pulang menggunakan motor.


Observasi dilakukan dengan partisipasi 16 Mahasiswa KKN IAIN Parepare. Selama kegiatan, Mahasiswa mengamati proses pengambilan air oleh Warga yang dilakukan dengan cara melubangi daerah yang bersih di tepi sungai, menaruh batu dan ember yang bocor di atasnya untuk menyaring air, sehingga air yang keluar bisa langsung digunakan.

Kegiatan observasi ini berlangsung dengan baik dan lancar, dengan dukungan penuh dari warga setempat. Salah satu warga yang terlibat dalam kegiatan ini menjelaskan, "Kami mengambil air dengan menggunakan gayung dan air tersebut bisa langsung diminum. Kami juga melubangi daerah yang bersih, menaruh batu dan ember yang bocor di atasnya, sehingga air yang keluar bisa langsung digunakan."


Harapan dari kegiatan ini adalah agar kedepannya Desa Renggeang mendapatkan bantuan berupa sumur bor (BOR) untuk memastikan ketersediaan air yang lebih bersih dan mudah dijangkau oleh Masyarakat. Mahasiswa KKN IAIN Parepare berharap bahwa dengan adanya sumur bor, Masyarakat Desa Renggeang dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap air bersih, yang tentunya akan meningkatkan kualitas hidup mereka. (Fzs/Srh)


fikruzzamansaleh 15 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment