Mahasiswa KKN IAIN Parepare Angkatan 35 Posko 55 Mengunjungi Makam Mara’dia Sara/Kalibani 1 di Desa Pallis, Kec. Balanipa

13 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Parepare Angkatan 35 Posko 55 melaksanakan kegiatan observasi dan kunjungan ke makam Mara’dia Sara/Kalibani 1 di Desa Pallis, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar pada tanggal 13 Juli 2024,. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga 11.00 WITA.

Makam Mara’dia Sara/Kalibani 1 memiliki makna sejarah yang penting bagi masyarakat Desa Pallis, sebagai tempat pemakaman orang pertama yang masuk Islam di desa ini pada abad ke-16. Kepala Desa Pallis, Hatta, turut serta dalam kunjungan ini untuk memberikan informasi mengenai sejarah dan makna makam ini bagi masyarakat setempat.


Sebanyak 15 mahasiswa KKN Posko 55, dipimpin oleh koordinator KKN, berbincang dengan Hatta dan mendengarkan cerita seputar sejarah makam tersebut. Selain itu, mereka juga mengirimkan doa dan surah Al-Fatihah sebagai bentuk penghormatan terhadap makam yang merupakan bagian dari warisan sejarah Masyarakat Polewali Mandar.

Hatta, dalam kesempatan itu, menjelaskan bahwa makam Mara’dia Sara/Kalibani 1 sudah ada sejak sebelum masa peperangan antara Indonesia dan Belanda. Kehadiran Mahasiswa KKN dalam kegiatan ini diharapkan dapat menggali hikmah serta pelajaran berharga dari masa pra-Islam di Desa Pallis, sekaligus memperkuat rasa kebersamaan antara Masyarakat dengan generasi muda yang peduli terhadap sejarah dan budaya lokal.


Kegiatan berjalan lancar dan diakhiri dengan harapan bahwa kunjungan ini dapat membawa manfaat dalam memahami nilai-nilai sejarah lokal dan memperkaya pengalaman pendidikan serta kehidupan bermasyarakat bagi para Mahasiswa KKN. (Fzs/Srh)


fikruzzamansaleh 13 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment