Mahasiswa IAIN Parepare Posko 13 Bantu Pegawai Puskesmas Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Dusun Tara Ujung

3 August, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Posko 13 terlibat dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi Warga Dusun Tara Ujung, Desa Segerang, Kecamatan Mapilli. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat dan menyediakan layanan kesehatan yang mudah diakses, terutama bagi warga yang memiliki keterbatasan akses terhadap fasilitas kesehatan.

Kegiatan yang berlangsung pada Senin, 15 Juli 2024, pukul 09:00 WITA, di rumah salah satu Warga Dusun Tara Ujung ini dihadiri oleh 30 orang. Mahasiswa KKN, bekerja sama dengan pegawai puskesmas setempat, mengumumkan di masjid agar warga lanjut usia datang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Proses pemeriksaan dimulai dengan pendataan nomor KTP atau BPJS warga, dilanjutkan dengan pengukuran lingkar perut, tinggi badan, dan berat badan. Setelah itu, warga mengantri untuk pengecekan tekanan darah serta gula darah.

"Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan jadwal tanpa kendala," ujar seorang Mahasiswa KKN yang terlibat dalam acara tersebut. Semua langkah pemeriksaan dilakukan secara sistematis dan tertib, berkat koordinasi yang baik antara mahasiswa dan pegawai Puskesmas.

Seorang pegawai Puskesmas yang menjadi narasumber kegiatan ini menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan seperti ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan khusus untuk warga lanjut usia. "Kami melakukan pemeriksaan kesehatan selayaknya kegiatan POSBINDU, termasuk cek berat badan, tinggi badan, lingkar perut, gula darah, dan tekanan darah. Tujuannya adalah agar warga lanjut usia mendapatkan pemeriksaan kesehatan tanpa harus datang langsung ke Puskesmas," jelasnya.

Melalui pemeriksaan gratis ini, diharapkan Warga Dusun Tara Ujung, terutama yang berusia lanjut, dapat rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini penting untuk mencegah kemungkinan penyakit yang mereka derita semakin memburuk karena tidak adanya pemeriksaan rutin.

Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 13 juga berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan antara mereka dan masyarakat setempat serta mendorong partisipasi aktif warga dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka. Kegiatan ini sejalan dengan konsep Tri Darma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa sambil memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. (Fzs/Srh)

fikruzzamansaleh 3 August, 2024
Archive
Sign in to leave a comment