KKN Moderasi Beragama IV Resmi Dibuka, IAIN Parepare Utus Enam Delegasi ke Bandung

18 July, 2024 by
Nur Aeni K
| No comments yet

Humas IAIN Parepare- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama IV se-Indonesia tahun 2024 resmi dibuka oleh Direktur Pendis Kementerian Agama Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 58 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia dengan total peserta mencapai sekitar 300 orang. Acara pembukaan berlangsung di Pendopo dan Kuningan Islamic Center (KIC) Kabupaten Kuningan, Selasa (16/07/2024).

IAIN Parepare mengirimkan delegasi enam delegasinya untuk mengikuti KKN Moderasi Beragama se-Indonesia yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat. Delegasi IAIN Parepare didampingi langsung oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare Haramain, serta Kepala Pusat Pengabdian Musmulyadi.

Peserta yang diutus oleh IAIN Parepare merupakan hasil seleksi ketat dan merupakan yang terbaik dari berbagai tahapan seleksi yang telah dilakukan. Ketua LP2M Haramain mengungkapkan pelaksanaan KKN moderasi merupakan kolaborasi seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTK). Haramain berharap peserta dari IAIN Parepare dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengabdian kepada masyarakat serta menjaga nama baik almamater IAIN Parepare.


"KKN adalah medan pengabdian sebenarnya, di sinilah mahasiswa belajar dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan. Mahasiswa terjun langsung di masyarakat melihat keberagaman dan toleransi yang muncul di masyarakat Kuningan. Terlebih lagi di Kuningan tepatnya di Kecamatan Cigugur terkenal dengan masyarakatnya yang pluralis," sebut Haramain.

Senada dengan Kepala Pusat Pengabdian, Musmulyadi menyampaikan harapannya agar delegasi IAIN Parepare dapat memberikan sumbangan pemikiran yang berharga dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Ia mengingatkan bahwa IAIN Parepare pernah menjadi tuan rumah KKN Moderasi Beragama se-Indonesia pada tahun lalu.

"Kami berharap agar tahun ini delegasi IAIN Parepare dapat melanjutkan tradisi pengabdian yang baik dan seluruh peserta selalu dalam keadaan sehat selama menjalankan pengabdian," harapnya.

Kegiatan KKN Moderasi Beragama ini akan berlangsung kurang lebih 45 hari mulai 15 Juli hingga 22 Agustus 2024 mendatang dengan berbagai program yang telah dirancang untuk memberikan pengalaman pengabdian yang bermakna bagi para peserta. (Ady/aen/mif)

in News
Nur Aeni K 18 July, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment