Inovasi Mahasiswa FEBI IAIN Parepare : Analisis Kasus Korupsi dan Geopolitik Perspektif Keuangan Syariah

7 August, 2024 by
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare -- Mahasiswa Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare berhasil menguak dampak signifikan dari isu korupsi dan geopolitik terhadap kinerja perusahaan publik di Indonesia.


Dalam sebuah penelitian mendalam yang telah diterbitkan di Journal of Institution and Sharia Finance, dua kelompok mahasiswa menganalisis kasus PT. Timah Tbk dan PT. Pertamina Geothermal Energy Tbk.


Kelompok pertama, yang terdiri dari Munawwarah Waris, Jihan Juwita Rizqy, Ainun, dan Penia Fatalita, mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, fokus pada dampak kasus korupsi yang menimpa PT. Timah Tbk. Analisis mereka bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh skandal korupsi terhadap fluktuasi harga saham perusahaan tambang timah tersebut.


Kelompok kedua, yang diwakili oleh Apni Yunikartika Putri, Sri Auliya Syahrir, dan Nurul Hikmah, mengambil sudut pandang yang berbeda. Mereka meneliti dampak geopolitik antara Iran dan Israel terhadap kinerja PT. Pertamina Geothermal Energy Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana ketegangan geopolitik di kawasan Timur Tengah dapat mempengaruhi perusahaan energi geothermal di Indonesia.


Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, dimulai dari seleksi tugas mahasiswa oleh dosen pengampu. Tugas-tugas terbaik kemudian dipilih untuk dibimbing secara intensif. Proses penelitian meliputi pengumpulan data, analisis data, dan diakhiri dengan penulisan artikel ilmiah. Selama proses tersebut, mahasiswa mendapatkan bimbingan intensif dari dosen pengampu.


Nur Hishaly GH, selaku dosen pengampu mata kuliah manajemen investasi dan portofolio, menjelaskan bahwa tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan memilih produk investasi yang tepat. "Melalui publikasi ilmiah ini, mahasiswa tidak hanya mengasah kemampuan analisis mereka, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang keuangan," ujar Nur Hishaly.  (irm/alf)

in News
Irmawati 7 August, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment