Semangat Gotong Royong Mewarnai Jumat Bersih di Desa Rappang Barat: Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 66 Berpadu dengan Masyarakat

13 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Langit cerah di Desa Rappang Barat, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar seolah menyambut semangat gotong royong yang mewarnai kegiatan Jumat Bersih. Pagi ini, tak hanya warga desa yang berbondong-bondong turun ke jalan, namun juga sekelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan 35 IAIN Parepare Posko 66.


Bagi para mahasiswa KKN, Jumat Bersih bukan hanya momen observasi awal di desa, tetapi juga kesempatan untuk menyatu dengan budaya dan tradisi masyarakat.


Bersama-sama, mereka bahu membahu membersihkan lingkungan desa. Tak ada sekat usia dan status sosial dalam kegiatan ini. Semua bersatu padu, dari anak-anak hingga orang tua, dari pemuda hingga pemudi.


Jalanan desa yang biasanya ramai, kini lengang dan bersih. Saluran air yang tersumbat kembali lancar. Sampah-sampah yang berserakan kini terbuang dengan rapi.


Lebih dari sekadar membersihkan, Jumat Bersih di Desa Rappang Barat ini juga menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan antarwarga.


Canda tawa dan obrolan ringan terdengar di sepanjang kegiatan. Saling tolong menolong dan bekerja sama menjadi pemandangan yang indah.


Bagi para mahasiswa KKN, pengalaman ini sangat berkesan. "Kami sangat terharu melihat semangat gotong royong masyarakat Desa Rappang Barat. Ini adalah budaya yang sangat positif dan harus dilestarikan," ujar wardiansah salah satu Mahasiswa KKN.


Kepala Desa Rappang Barat Aco Alimuddin, menyampaikan apresiasi kepada para Mahasiswa KKN atas partisipasinya.


"Kami sangat senang dengan kedatangan para mahasiswa KKN. Semoga mereka dapat belajar banyak dari desa Kami, dan memberikan kontribusi yang positif selama berada di sini," ujarnya.


Jumat Bersih di Desa Rappang Barat bukan hanya membersihkan lingkungan, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap desa. (Fzs/Srh)

fikruzzamansaleh 13 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment