Program TOT LIBAM IAIN Parepare: 35 Mahasiswa Sukses Uji Kompetensi Sebagai Trainer

28 August, 2024 by
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Lintasan Imajinasi Bahasa Mahasiswa (LIBAM) IAIN Parepare kembali sukses menggelar kegiatan tahunannya, Quarantine & Training of Trainer (TOT) 2024. Kegiatan yang berlangsung selama hampir sebulan penuh ini diikuti oleh 35 peserta terpilih dan mengangkat tema inspiratif, “ We are the Answer ”.

TOT yang diadakan di Gedung N IAIN Parepare sejak tanggal 5 hingga 31 Agustus ini bertujuan untuk mencetak anggota LIBAM yang kompeten sebagai trainer. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang mempererat silaturahmi antar anggota dan memupuk rasa loyalitas terhadap lembaga.

Puncak dari kegiatan TOT adalah pelaksanaan camp selama empat hari, mulai tanggal 26 hingga 29 Agustus 2024. Para peserta disebar ke beberapa pondok pesantren, di antaranya Pondok Pesantren Darul 'Ulum Ath-thahiriyah Paladang, Ponpes Nurul Azhar Talawe, Ponpes Manaratul Awwabin, Ponpes DDI At-Taqwa Jampue, dan Ponpes Nurul Ikhlas Bila.

Selama camp, para peserta mengimplementasikan materi yang telah diperoleh selama TOT. Materi yang diberikan mencakup berbagai aspek, mulai dari Bahasa Inggris seperti telling time, greeting, introduction, hingga bahasa Arab.


Dengan menjadi pemateri di pondok pesantren, para peserta tidak hanya berbagi ilmu tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mengajar. Kegiatan ini merupakan bagian dari jenjang terakhir keanggotaan LIBAM, yang menandakan bahwa para peserta telah siap untuk berkontribusi lebih besar lagi bagi organisasi dan masyarakat.

Ketua Umum LIBAM, M. Taufik Hidayat, mengungkapkan bahwa salah satu tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengajar anggota LIBAM, dan sebagai ajang sosialisasi. “Saya harap ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh para peserta dapat diaplikasikan tidak hanya di lingkungan internal lembaga, tetapi juga di luar lembaga,” ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia, Ida Nahdhiati Naharuddin, berharap peserta Q & TOT dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh secara maksimal, terutama saat mengajar di sekolah.


“Saya harap untuk pelaksanaan kegiatan Quarantine & Training of Trainer yang akan datang, pelaksanaannya lebih maksimal. kami akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan tahun ini sebagai bahan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya,” ungkapnya.

Dengan suksesnya kegiatan Quarantine & TOT 2024, LIBAM Parepare semakin membuktikan eksistensinya sebagai organisasi mahasiswa yang aktif dan inovatif. Melalui kegiatan ini, LIBAM berharap dapat mencetak generasi muda yang berkualitas dan mampu menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. (irm/alf)

in News
Irmawati 28 August, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment