Mahasiswa KKN Posko 27 Bersama Masyarakat Desa Riso dan TMD Bersatu dalam Pembersihan Buronjong di Sungai

16 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 35 Posko 27 turut serta dalam aksi gotong royong untuk membersihkan buronjong di Sungai Desa Riso, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar pada Jumat, 12 Juli 2024. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya preventif untuk mengurangi risiko banjir yang sering melanda desa ini.

Desa Riso sering kali mengalami banjir karena kondisi buronjong yang sudah tua dan perlu diperbarui. Gotong royong ini melibatkan sinergi antara Mahasiswa KKN Posko 27, Masyarakat, dan Tentara Membangun Desa (TMD) dalam upaya bersama membersihkan dan membuka batu-batu pada buronjong yang ada di sungai.

Sebanyak 16 peserta dari Mahasiswa KKN Posko 27, mayoritas Masyarakat Desa Riso, serta anggota TMD dan Mahasiswa KKN dari Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bergotong royong dengan semangat untuk menjaga lingkungan dan mencegah dampak negatif banjir bagi desa mereka.

Menurut Pak Desa Riso, kegiatan pembersihan buronjong ini bertujuan untuk memperbarui struktur yang sudah tua agar lebih efektif dalam menahan aliran sungai dan mencegah banjir. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan antara Masyarakat dengan para Mahasiswa dan anggota TMD yang turut berkontribusi dalam upaya ini.

Harapan dari kegiatan ini adalah dapat meminimalisir dampak banjir di Desa Riso serta memberikan contoh sinergi positif pada pendidikan, masyarakat, dan pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup. (Fzs/Srh)


fikruzzamansaleh 16 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment