Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 35 Observasi Aktivitas Nelayan di Dusun Pambusuang

12 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 35 IAIN Parepare Posko 35 melakukan kegiatan observasi aktivitas Masyarakat di Dusun Pambusuang, Desa Pambusuang pada hari Rabu, (12-07-2024). Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.00 hingga 11.00 WITA.


Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat, dan mempelajari lebih dalam tentang aktivitas Mereka, khususnya terkait dengan pemanfaatan laut.


Sebanyak 15 mahasiswa KKN berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka berbincang-bincang dengan para nelayan di Dusun Pambusuang untuk mengetahui tentang kegiatan sehari-hari mereka, jenis ikan yang ditangkap, dan musim penangkapannya.


Menurut hasil observasi, saat ini para Nelayan di Dusun Pambusuang sedang memanfaatkan musim bertelur ikan tuing-tuing, yang dikenal juga sebagai ikan terbang atau ikan Indosiar. Musim ini akan berakhir pada akhir bulan September.


Harga telur ikan tuing-tuing cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 600.000 per kilogram. Namun, proses pengambilan telur ikan ini cukup lama, yaitu membutuhkan waktu minimal 12 hari di laut.


Salah satu nelayan, Bapak Mutrafin, menjelaskan bahwa musim ikan tuing-tuing ini merupakan berkah bagi mereka.


"Sekarang ini banyak warga yang memanfaatkan kondisi laut, karena saat ini adalah musim bertelur ikan tuing-tuing. Harga cukup fantastis sekitar 600 Ribu /kg. Musim ikan tersebut dimulai pada bulan 5 dan tidak lama lagi musim ini akan berakhir pada akhir bulan 9," ujar Bapak Mutrafin.


Para mahasiswa KKN berharap dengan kegiatan observasi ini, Mereka dapat memahami lebih baik tentang kehidupan masyarakat Nelayan di Dusun Pambusuang. (fzs/Srh)


fikruzzamansaleh 12 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment