LPM IAIN Parepare Perkuat Budaya Mutu dan Tata Kelola Melalui Audit Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

10 September, 2024 by
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare- Dalam upaya memperkuat budaya mutu dan tata kelola yang baik di lingkungan kampus, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare akan menggelar kegiatan audit sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 25 s.d 27 September 2024 di lingkup IAIN Parepare.

Wakil Rektor I Bidang APK IAIN Parepare, Dr. H. Saepudin, M.Pd dalam rapat bersama Tim LPM menyambut baik pelaksanaan program sistem manajemen mutu berbasis ISO yang tengah dipersiapkan LPM. “Prinsipnya kita akan dorong semua fakultas agar mulai mempersiapkan setiap dokumen selama proses audit eksternal oleh Lembaga ISO URS Indonesia,” ungkapnya.

URS Indonesia merupakan salah satu lembaga sertifikasi ISO yang menjadi mitra LPM dalam proses audit nantinya. Lembaga ini  memiliki pengalaman dalam melayani sertifikasi kepada lebih 3000 perusahaan di Indonesia dan 70.000 perusahaan di dunia di 80 negara.

“URS memiliki tujuh kantor cabang di Indonesia dan salah satunya di kantor cabang Makassar sedangkan kantor pusat kami beralamat di Jakarta,” tutur Iin Widyawati  Manajer Marketing URS Indonesia Cabang Makassar.

Ketua LPM IAIN Parepare, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I mengatakan bahwa penerapan ISO 9001:2015 merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas tata kelola dan layanan di lingkungan kampus IAIN Parepare. "Sertifikasi ini bukan hanya tentang pencapaian, tetapi juga tentang membangun budaya mutu yang berkelanjutan. Kami ingin memastikan bahwa seluruh proses di IAIN Parepare berjalan dengan standar yang tinggi dan konsisten," ujarnya.

Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi terlebih dahulu ke setiap civitas akademika mengenai prinsip-prinsip dasar ISO 9001:2015. Selanjutnya, LPM akan menggelar rapat lanjutan dengan Pimpinan UPPS dan Unit/Lembaga untuk berdiskusi mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai sertifikasi tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat seluruh sivitas akademika IAIN Parepare untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas kerja. Sertifikasi ISO 9001:2015 juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing IAIN Parepare di tingkat nasional maupun internasional, serta memberikan kepercayaan lebih dari berbagai pihak terhadap tata kelola dan layanan yang diberikan oleh institusi ini.

"Kami optimis bahwa dengan kerjasama dan komitmen seluruh pihak, IAIN Parepare akan segera meraih sertifikasi ISO 9001:2015, yang akan menjadi bukti nyata dari upaya kami dalam menjaga dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan," tutup Muhammad Qadaruddin.


in News
mahyuddin 10 September, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment