LPM IAIN Parepare Benchmarking Kurikulum Berbasis OBE di LP2MP UNM

30 July, 2024 by
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare_Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan  benchmarking  di Pusat Pengembangan Kurikulum PSD, Media dan Evaluasi Pembelajaran (LP2MP) Universitas Negeri MakassarUniversitas (UNM), Jum’at (19/07/2024). Benchmarking ini dalam rangka mempelajari penerapan kurikulum berbasis  kurikulum Outcome-Based Education (OBE).

Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua LP2MP UNM, Dr. Arnida, M.Si. Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor I IAIN Parepare, Dr. H. Saepudin, M.Pd,  Ketua LPM, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I,  Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Dr. A. Nurkidam, M.Hum serta Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM, Fajriyani, M.Pd serta tim LPM IAIN Parepare.

Muhammad Qadaruddin mengatakan kegiatan benchmarking ini sangat penting untuk memastikan kurikulum OBE yang tengah diterapkan di IAIN Parepare  dapat diterapkan dengan baik, sehingga relevan dengan konteks Pendidikan Tinggi saat ini.

“Prinsipnya, kami ingin belajar praktik baik penerapan kurikulum OBE untuk memastikan keselarasan konstruktif antara profil lulusan, CPL, capaian pembelajaran mata kuliah, metode pembelajaran, dan metode asesmen,” ungkap Muhammad Qadaruddin.

Pada waktu yang sama, Tim IAIN Parepare juga melaksanakan external benchmarking di LPM UIN Alauddin Makassar (UINAM).  Benchmarking ini untuk dapat melihat langsung dan memperoleh masukan terhadap praktek-praktek baik yang sudah dilakukan LPM UIN Alauddin terkait dengan Sistem Penjaminan Mutu Tingkat Universitas dan Fakultas, Sistem Informasi dan Teknologi dan Pengembangan Kurikulum OBE.

Dalam kunjungan ini, kedua pihak berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi kurikulum OBE termasuk MBKM, dengan harapan dapat memperkuat kerjasama antar universitas dan meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing institusi.

Dengan adanya benchmarking ini, diharapkan IAIN Parepare dapat mengadopsi praktik-praktik terbaik dari penerapan kurikulum OBE di UNM dan UINAM sehingga kurikulum yang dirancang tidak hanya relevan dengan perkembangan industri tetapi juga dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan IAIN Parepare (Mhy/Mif).

in News
mahyuddin 30 July, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment