LP2M Gelar FGD bersama Tim Penyusun Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Tarbiyah

4 October, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare, melalui Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama tim penyusun roadmap penelitian Fakultas Tarbiyah. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari delapan program studi di Fakultas Tarbiyah, yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan IPS, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam, di Lantai Dasar LP2M, Jumat (27/09/2024).

 

FGD ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara roadmap penelitian yang dirancang oleh LP2M dengan roadmap penelitian di tingkat fakultas dan program studi. Zulfiqar Busrah, Kepala Pusat Penelitian, menegaskan bahwa semua roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat harus terintegrasi dengan kebijakan induk, termasuk visi dan misi IAIN Parepare, visi misi fakultas, program studi, serta Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Strategis (Renstra), dan standar-standar Penjaminan Mutu dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Dengan demikian, diharapkan roadmap yang disusun di setiap level mampu berkontribusi terhadap pencapaian visi dan misi institusi secara keseluruhan.

 

Zulfiqar juga menyoroti pentingnya memastikan bahwa roadmap untuk periode 2024-2029 mampu menerjemahkan dan mengelaborasi kebijakan terbaru secara konsisten dan koheren, baik di tingkat LP2M, fakultas, maupun program studi. Salah satu kebijakan terbaru yang menjadi perhatian adalah integrasi hasil penelitian dengan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Hasil penelitian tidak hanya ditujukan untuk laporan atau publikasi artikel, tetapi juga dapat diadaptasi menjadi konten pembelajaran berkelanjutan melalui platform Massive Open Online Course (MOOC).

 Selain itu, roadmap penelitian yang dirancang harus memiliki sistematika yang memenuhi standar peta jalan, dan dapat digunakan secara maksimal dalam merancang arah kebijakan, strategi pencapaian, dan kegiatan teknis di setiap level.

 

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Musmuliady, turut menegaskan bahwa roadmap pengabdian di tingkat fakultas dan program studi juga harus terintegrasi serta menjadi rujukan utama dalam pemilihan tema-tema pengabdian yang relevan dengan visi keilmuan masing-masing program studi. Musmuliady juga menekankan bahwa kegiatan pengabdian harus berbasis pada standar akreditasi, serta memiliki program-program yang memberikan dampak nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat. Untuk memastikan bahwa materi pengabdian dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, konten-konten pengabdian juga diharapkan dapat diadaptasi menjadi materi pembelajaran melalui MOOC, seperti yang telah diterapkan dalam program penelitian tahun 2024.

 

Pada FGD ini, tim penyusun di tingkat fakultas dan program studi juga diharapkan memahami aspek-aspek yang mungkin berbeda di antara program studi, seperti visi dan misi masing-masing, kondisi internal seperti sumber daya manusia, bidang keahlian, bidang penelitian, serta lembaga mitra kerjasama. Perbedaan ini harus tetap selaras dengan visi dan misi institusi serta kebijakan umum yang berlaku di IAIN Parepare.

 “Penting memasukkan tema, isu, dan topik-topik strategis dan terbaru dalam roadmap penelitian, terutama untuk kepentingan tugas akhir mahasiswa. Dengan demikian, program studi memiliki acuan yang jelas dalam merekomendasikan dan menyetujui judul tugas akhir, baik melalui jalur skripsi maupun publikasi artikel,” tegas Ketua LP2M, Muhammad Haramain,

 Dalam kesempatan ini, Ketua LP2M juga memberikan bimbingan teknis singkat mengenai penyusunan database judul tugas akhir yang sudah ada di program studi melalui repository. LP2M mendorong pemanfaatan fitur-fitur AI dalam pengelolaan database ini sehingga program studi dapat menyiapkan topik unggulan dan inovatif yang relevan bagi penelitian dosen maupun tugas akhir mahasiswa, tetap mengacu pada visi keilmuan dan kepakaran yang dimiliki.

 FGD ini merupakan batch pertama yang berfokus pada penyusunan roadmap untuk Fakultas Tarbiyah. LP2M menargetkan penyelesaian roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat pada bulan November 2024, sehingga dapat diajukan penetapannya sebelum Januari 2025.

 Selanjutnya, FGD batch kedua akan dilaksanakan bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Fakultas Syariah dan Hukum Islam, sementara FGD batch ketiga akan melibatkan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah bersama Program Pascasarjana pada bulan Oktober mendatang.

 Melalui penyusunan roadmap ini, LP2M IAIN Parepare berharap penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dapat berjalan lebih terarah, strategis, dan berdampak signifikan pada pengembangan institusi serta kontribusi terhadap masyarakat. (fzh/mif)

in News
fikruzzamansaleh 4 October, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment