KKN Reguler IAIN Parepare Angkatan 35 Posko 16 Desa Batupanga Laksanakan Observasi di Dusun Siratuang, Kecamatan Luyo

15 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler IAIN Parepare Angkatan 35, Posko 16, melakukan observasi dan kegiatan sosial di Dusun Siratuang pada Sabtu, 13 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan membangun kerja sama dengan Masyarakat setempat dan Pemuda Desa.

Desa Batupanga adalah desa terakhir di Kecamatan Luyo yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Tutar. Desa ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk ketersediaan air yang minim dan kurangnya fasilitas pendidikan. Dusun Siratuang, tempat Mahasiswa KKN IAIN Parepare tinggal adalah salah satu titik yang sangat terdampak oleh permasalahan tersebut.

Sebagai bentuk upaya, mahasiswa KKN bersama masyarakat setempat bergotong royong merenovasi Taman Kanak-Kanak (TK) PAUD Insanul Cendekia Salujerre di Dusun Siratuang. Sebanyak 25 orang yang terdiri dari Mahasiswa KKN dan Warga Desa bekerja sama memperbaiki fasilitas pendidikan untuk anak-anak. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan sukses berkat dukungan penuh dari masyarakat.


Kepala Desa Batupanga Daala, Malik, menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini. "Kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami sangat bersyukur dengan kehadiran KKN IAIN Parepare," ujarnya. Senada dengan Malik, Tahir, salah satu Warga Desa, juga merasa senang dengan kedatangan Mahasiswa KKN. "Kami sangat senang dengan kegiatan pengembangan pendidikan yang dilakukan Mahasiswa KKN IAIN Parepare," katanya.

Mahasiswa KKN berharap pengabdian mereka tidak hanya terfokus pada program kerja, tetapi juga mampu berinteraksi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan. Mereka menekankan pentingnya menjadi agen perubahan (Agent of Change) di tengah masyarakat. Melalui kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan warga, diharapkan dapat tercipta perubahan yang signifikan dalam peningkatan kualitas hidup di Desa Batupanga Daala.

Kegiatan ini menyoroti pentingnya gotong royong dan kerja sama antara mahasiswa dan masyarakat dalam menghadapi permasalahan desa. Dengan semangat kebersamaan, diharapkan dapat terwujud perubahan yang lebih baik bagi Desa Batupanga, terutama dalam hal ketersediaan air dan pendidikan. (Fzs/Srh)

fikruzzamansaleh 15 July, 2024
Archive
Sign in to leave a comment