Fakultas Tarbiyah Gelar Kuliah Umum, Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital

11 September, 2024 by
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare sukses menggelar kuliah umum dengan tema “Pendidikan Karakter di Tengah Perubahan Sosial dan Teknologi” pada, Selasa (10/09/2024) di Perpustakaan Lantai 5, IAIN Parepare. Acara yang berlangsung secara daring dan luring ini dihadiri oleh 100 peserta termasuk mahasiswa dan dosen.


Cikgu Siti Salina binti Samaung, Pengelola Taska Ana Part Dickson Malaysia, didapuk sebagai pembicara utama. Dalam paparannya, Cikgu Siti Salina menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai karakter sejak dini, terutama di tengah pesatnya perkembangan teknologi yang membawa perubahan sosial yang begitu cepat.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare, Prof. Hannani, menekankan pentingnya pendidikan karakter. “Saya kira anak-anak perlu mengembangkan nilai-nilai tradisi yang ada dalam diri, karena pada akhirnya nilai-nilai inilah yang akan membentuk karakter,” ujarnya.


Prof. Hannani juga menegaskan bahwa masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas karakter warganya. “Masa depan negara kita bergantung pada seberapa kuat kita memegang teguh nilai-nilai luhur,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah, Zulfa, juga menyampaikan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung kebebasan akademik. “Melalui kegiatan ini, kami telah melaksanakan beberapa indikator penilaian yang menunjukkan bahwa kami adalah fakultas yang unggul. Oleh karena itu, kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin yang akan selalu menjadi bagian dari perencanaan kegiatan Fakultas Tarbiyah," ujarnya.

Nur Azizah, selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan akademik yang ideal di Fakultas Tarbiyah. Ia berharap kegiatan ini dapat memupuk suasana yang harmonis, humanis, profesional, inklusif, apresiatif, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.


Lebih lanjut, Nur Azizah juga berharap agar kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis dan adaptif terhadap tantangan di era Revolusi Industri 5.0. “Diharapkan setelah kegiatan ini, tercipta kesadaran kritis dan dialektis terhadap akselerasi ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di era revolusi industri 5.0,” tutupnya


Kuliah umum ini telah menjadi langkah nyata IAIN Parepare dalam mencetak generasi muda yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan masa depan. (irm/mif)

in News
Irmawati 11 September, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment