Wakil Rektor III Bersama Forbes IAIN Parepare Gelar Sosialisasi Beasiswa KIP Kuliah 2024

14 September, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Wakil Rektor III M. Ali Rusdi, bersama Forum Beasiswa (Forbes) IAIN Parepare menggelar sosialisasi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2024 dengan tema " Kesempatan Emas bagi Masa Depanmu  " bertempat di Auditorium IAIN Parepare pada, Jumat (13/9/2024).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Akademik dan Kerja Sama, Abdul Hamid, Kepala Pusat pengembangan Mutu, Karir Mahasiswa dan Alumni, Mahyuddin, para Ormawa dan ratusan mahasiswa baru calon penerima beasiswa.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, M. Ali Rusdi, dalam sambutannya mengatakan bahwa beasiswa KIP Kuliah tahun ini tersedia dengan 300 kuota bukan hanya sekadar bantuan finansial, tetapi juga sebuah komitmen untuk meraih prestasi. “Penerima KIP Kuliah harus siap dengan segala tuntutan yang ada. Seleksi tidak hanya berdasarkan nilai akademik, namun juga potensi dan komitmen untuk berkontribusi,” tegasnya.

Lebih lanjut, M. Ali Rusdi menjelaskan bahwa proses seleksi akan dilakukan secara ketat. Selain verifikasi administrasi, calon penerima juga akan menjalani survei lapangan untuk memastikan kondisi ekonomi keluarganya. “Kami ingin memastikan bahwa beasiswa ini benar-benar tepat sasaran dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.


IAIN Parepare berkomitmen untuk memberikan pendampingan yang intensif kepada para penerima beasiswa. Setelah dinyatakan lolos seleksi, penerima KIP Kuliah akan mengikuti orientasi khusus untuk memahami hak dan kewajiban mereka. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk aktif berorganisasi dan berprestasi akademik.


Mahyuddin, Kepala Pusat Pengembangan Mutu, Karir Mahasiswa dan alumni LPM IAIN Parepare dalam materinya mengatakan bahwa ia berharap penerima KIP Kuliah tidak hanya sukses secara akademik, tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan dan sosial yang tinggi.

Mahyuddin juga memaparkan road map yang harus ditempuh oleh penerima beasiswa KIP Kuliah. Pada tahun pertama, mereka diwajibkan untuk aktif berorganisasi. Tahun kedua, fokus pada peningkatan prestasi akademik, dan di tahun ketiga diharapkan sudah mampu mempublikasikan hasil penelitian atau karya ilmiah.


Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu yang dapat melanjutkan studi di IAIN Parepare. Beasiswa KIP Kuliah menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dan perguruan tinggi dalam meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat. (wan/irm/mif)

di dalam Berita
Irmawati 14 September, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment