Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula, Dirga Achmad: Anak Muda Kunci Masa Depan Demokrasi

14 Agustus, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Dosen Hukum Tata Negara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Dirga Achmad, berhasil menggugah semangat siswa SMAN 4 Kota Parepare  dalam kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih bertajuk "KPU Parepare Goes to School" yang digelar di SMAN 4 Parepare pada, Rabu (14/08/2024). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala SMAN 4 Parepare dan Kasubag TU KPU Parepare.

Dengan tema "Pentingnya Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pilkada Serentak 2024", sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula dalam pesta demokrasi mendatang.

Dalam materinya, Dirga Achmad memaparkan materi dengan gaya yang menarik dan interaktif, memadukan presentasi dengan sesi tanya jawab. Dirga Achmad menekankan beberapa poin penting, di antaranya pentingnya menolak politik uang, bahaya berita bohong dalam mempengaruhi pilihan politik, dan memilih pemimpin berdasarkan gagasan. 

"Pemilih harus cerdas dan tidak tergiur oleh iming-iming uang. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dipilih berdasarkan kualitas dan gagasannya, bukan karena uang," tegas Dirga Achmad yang juga merupakan Kepala Pusat Admisi dan Public Relation IAIN Parepare.

Ia juga mengingatkan para siswa agar berhati-hati terhadap berita hoaks yang dapat menyesatkan dan memecah belah. "Selalu verifikasi informasi yang diterima sebelum menyebarkannya. Berita hoaks dapat merusak proses demokrasi yang sehat," tambahnya

Selanjutnya, Dirga Achmad juga mengajak siswa untuk mewujudkan peran sebagai generasi muda melalui partisipasi aktif dalam pemilu. Dengan memberikan suara, siswa telah ikut menentukan arah masa depan bangsa.

Setelah pemaparan materi, para siswa antusias mengajukan pertanyaan dan bertukar pikiran tentang pentingnya memilih pemimpin yang tepat dan cara menangkal hoaks.

Kepala SMAN 4 Parepare melalui Wakasek Humas,  mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. Ia berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk meningkatkan literasi politik siswa. "Ini sangat diapresiasi, paling tidak kita bisa belajar pentingnya proses demokrasi berlangsung di negara kita. Ini juga sebagai bekal kita secara internal di sekolah dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS," ujarnya.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2024 dan melahirkan generasi muda yang aktif dalam berdemokrasi. Dengan memilih pemimpin yang tepat, kita dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa. (irm/mif)

di dalam Berita
Irmawati 14 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment