Sidang Kelulusan UM-PTKIN 2024: IAIN Parepare Luluskan 622 Calon Mahasiswa Baru

8 Juli, 2024 oleh
Sidang Kelulusan UM-PTKIN 2024: IAIN Parepare Luluskan 622 Calon Mahasiswa Baru
Ade Musytahun Wahid
| No comments yet

Humas IAIN Parepare --- Sidang Kelulusan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2024 sukses diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (05-07-2024).


Acara tertutup ini dihadiri oleh petinggi pendidikan Islam Kementerian Agama, termasuk Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.Tp., M.T., Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. H. Rahmat Mulyana, M.Pd., Ketua Forum Rektor PTKIN, Prof. Dr. TGH. Masnun Tahir, M.Ag., dan Ketua Panitia Nasional PMB PTKIN, Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, M.Si.




Peserta sidang terdiri dari Rektor/Ketua, Wakil Rektor 1/Wakil Ketua 1, serta Penanggung Jawab TIK dari 28 PTKIN dan 1 PTN. IAIN Parepare diwakili oleh Wakil Rektor 1, Dr. H. Saepudin, S.Ag., M.Pd., dan Penanggung Jawab TIK, H. Ade Musytahun Wahid, S.Si., M.M.




Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani menekankan pentingnya mahasiswa baru sebagai aset bangsa. "Mahasiswa baru adalah aset bangsa yang berharga. Alumni yang baik berasal dari input yang baik. Oleh karena itu, beberapa program studi prioritas dipersiapkan untuk dijagokan dan dijaga hingga mereka menjadi alumni yang saling membangun," ungkapnya.


Wakil Rektor 1 IAIN Parepare, Dr. H. Saepudin, S.Ag., M.Pd. melaporkan hasil seleksi UM-PTKIN tahun ini. Dari 776 calon mahasiswa yang mendaftar di IAIN Parepare, sebanyak 622 calon mahasiswa dinyatakan lulus melalui proses seleksi yang ketat dan transparan. "Proses seleksi dilakukan dengan sangat ketat dan transparan untuk memastikan kualitas input mahasiswa baru. Pada jalur SPAN, IAIN Parepare berhasil menerima 1.328 mahasiswa baru, sedangkan melalui jalur UM-PTKIN kali ini, 622 calon mahasiswa dinyatakan lulus dari 776 pendaftar," jelas Saepudin.


Lebih lanjut, ia  menyampaikan harapannya terhadap calon mahasiswa yang lulus. "Kami berharap mahasiswa yang lulus dapat memanfaatkan kesempatan belajar di IAIN Parepare dengan sebaik-baiknya. Kami yakin mereka akan berkembang menjadi individu yang berkualitas dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa."




Penanggung Jawab TIK IAIN Parepare, H. Ade Musytahun Wahid, S.Si., M.M., menambahkan bahwa pengumuman hasil seleksi akan dibuka pada 8 Juli 2024, dan pendaftaran ulang dijadwalkan pada 9 Juli 2024. "Pengumuman dapat dilihat pada 8 Juli 2024 pukul 16:00 Wita melalui situs resmi https://um.ptkin.ac.id/, sedangkan proses pendaftaran ulang direncanakan akan dilaksanakan pada 9 Juli 2024 pukul 16:00 Wita," tambahnya.


Acara ini hanya dihadiri oleh mereka yang memiliki hak dalam penentuan kelulusan dan diundang secara khusus untuk memastikan proses yang adil dan transparan. Sidang kelulusan ini menegaskan komitmen IAIN Parepare dan seluruh PTKIN untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam di Indonesia.


IAIN Parepare menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur: Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan jalur Mandiri. Bagi calon mahasiswa yang belum mendaftar atau tidak lulus pada jalur SNPMB dan SPAN-UM PTKIN, pendaftaran melalui jalur Mandiri dibuka pada tanggal 12 Juni hingga 19 Juli 2024 di https://pmb.iainpare.ac.id/


(Amw/Tin)

di dalam Berita
Sidang Kelulusan UM-PTKIN 2024: IAIN Parepare Luluskan 622 Calon Mahasiswa Baru
Ade Musytahun Wahid 8 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment