Persiapkan Prodi Menghadapi Asesmen Lapangan, LPM Gelar Pemutakhiran Data Dukung Dokumen LKPS dan LED Prodi

18 September, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Dalam rangka mempersiapkan proses Asesmen Lapangan (AK) untuk akreditasi program studi, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare, melalui Pusat Pengembangan Standar dan Akreditasi, menggelar kegiatan pendampingan pemutakhiran data dukung dokumen akreditasi program studi, Selasa (17/09/2024) di Ruang AL LPM IAIN Parepare

Pendampingan ini bertujuan untuk memastikan bahwa dokumen Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) setiap prodi telah dilengkapi sebelum AL berlangsung.  

Kepala Pusat Pengembangan Standar dan Akreditasi LPM IAIN Parepare, Sulvinajayanti, M.I.Kom mengatakan pentingnya pemutakhiran dokumen yang dibutuhkan, memverifikasi data, serta menyusun strategi dalam menghadapi proses asesmen lapangan.

"LPM ingin memastikan bahwa setiap program studi siap secara administrasi dan teknis. Asesmen lapangan adalah tahap krusial dalam akreditasi, dan pemutakhiran ini memberikan kesempatan bagi prodi untuk memperkuat data semua aspek yang dibutuhkan," jelas Sulvinajayanti.

Kegiatan ini juga diisi dengan simulasi asesmen lapangan, di mana para dosen dan tim akreditasi dari masing-masing program studi diminta memutakhirkan dokumen setiap kriteria. Pemutakhiran meliputi tinjauan kelengkapan dokumen dan verifikasi data kinerja program studi di setiap kriteria.

Ketua LPM IAIN Parepare, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I, yang hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan apresiasi terhadap Tim LPM yang telah berinisiatif menggelar pendampingan sekaligus pemutakhiran dokumen setiap prodi. Menurutnya, pemutakhiran ini tidak hanya memperkuat kesiapan program studi, tetapi juga melengkapi secara keseluruhan data yang masih kurang.

"Dengan persiapan yang matang, kami optimis bahwa program studi di IAIN Parepare akan meraih hasil akreditasi yang maksimal. Kegiatan ini menjadi langkah penting untuk menjamin mutu dan daya saing institusi," ungkap Dr. Qadaruddin.

Untuk diketahui, terdapat  6 prodi yang statusnya proses Asesmen Kecukupan yakni, Prodi Bahasa dan Sastra Arab,  Hukum Pidana Islam,  TADRIS IPS, TADRIS MATEMATIKA, TADRIS IPA, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Adapun Prodi yang sudah masuk tahapan menunggu proses akreditasi yaitu, Prodi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.

Melalui kegiatan ini, LPM IAIN Parepare berharap proses asesmen lapangan dapat berjalan dengan lancar, dan seluruh program studi dapat mencapai akreditasi dengan nilai yang optimal, sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas akademik dan reputasi institusi di tingkat nasional (Mhy/Mif).

di dalam Berita
mahyuddin 18 September, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment