LPM Hadiri Kegiatan Pendampingan Pemeringkatan Akreditasi PTKIN

11 Juli, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare_Dalam upaya meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama menyelenggarakan Pendampingan Akreditasi Menuju Unggul bagi PTKIN.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat, (10-12/2024) di Soll Marina Hotel, Jl. Raya Serpong Kilometer 7, Tangerang Selatan, dan dibuka langsung oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama DIKTIS Kemenag RI, Abdul Rouf, S. Fil.I, M. Kesos.

Abdul Rouf mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada PTKIN agar dapat meningkatkan status akreditasi menjadi Unggul.

“PT berkualits adalah yang unggul, sehingga kelembagaan internal harus tetap terjaga dalam usaha menyiapkan proses penyusunan APT. Untuk itu,  target kita 15 PTKIN Unggul di tahun 2024 semoga bisa terwujud,” pungkasnya.

Sulvinajayanti, Kepala Pusat Pengembangan Standar dan Akreditasi pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare yang hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan, kegiatan ini menghadirkan perwakilan kampus PTKIN untuk membahas strategi peningkatan pemeringkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) terutama yang saat ini terakreditasi B dan Baik Sekali berdasarkan data di laman BAN-PT.

Sulvinajayanti menambahkan, dalam pertemuan ini perwakilan PTKIN yang hadir sebagai peserta banyak diberikan informasi seputar dokumen penting untuk mencapai akreditasi Unggul.  

IAIN Parepare sendiri masih perlu memerhatikan beberapa hal untuk memenuhi kriteria akreditasi Unggul, yaitu PD Dikti harus baik, Nilai Jumlah Status Akreditasi (NSA), jumlah publikasi, dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lingkungan kampus.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu PTKIN dalam memahami dan memenuhi berbagai kriteria akreditasi Unggul, sehingga PTKIN mampu memberikan pendidikan berkualitas. Akreditasi unggul bukan hanya sekadar simbol prestasi, tetapi juga merupakan jaminan bahwa institusi atau program studi tersebut berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi para mahasiswanya (Mhy/Mif).



 


di dalam Berita
mahyuddin 11 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment