LPM Gelar Workshop Pengembangan Kompetensi bagi Tenaga Kependidikan

14 Agustus, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare_Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) pada Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM melaksanakan kegiatan workshop pengembangan kompetensi bagi Tenaga Kependidikan (Tendik), Kamis (08/08/2024) di Lantai 5 Perpustakaan IAIN Parepare.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag, Kepala Biro AUAK, Dr. H. Muhdin, M.Pd.I, Ketua LPM Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I serta Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM, Fajriyani, M.Si.

Rektor IAIN Parepare dalam sambutannya mengungkapkan kompetensi bagi tendik merupakan hal yang sangat dibutuhkan saat ini terutama dalam meningkatkan profesionalisme kerja bagi lembaga.

“Tenaga administrasi perlu keterampilan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, terutama bagaimana melayani dengan baik setiap costumer di kampus,” ungkapnya.

Rektor menambahkan bahwa tendik merupakan pintu gerbang pertama bagi kampus sebab mereka yang pertama kali menyambut setiap berhubungan dengan masyarakat. Maka dibutuhkan keterampilan khusus bagaimana memberikan pelayanan terbaik.

Agenda pertama dalam kegiatan ini, materi tentang tata naskah dinas. Kepala Biro AUAK mengulas materi terkait jenis naskah dinas seperti peraturan, keputusan, surat edaran, surat dinas, surat undangan, surat tugas, surat pengantar, surat perjanjian, surat kuasa, surat keterangan,  pengumuman, berita acara, notulen rapat,dan laporan.

Tujuan materi ini untuk membekali tendik panduan dalam bertugas, sarana pengingat dan cermin profesionalisme serta kualitas lembaga dan asas keamanan.

Materi kedua dibawahkan oleh Erfan Hasmin, Kepala ICT UNDIPA yang membahas digitalisasi administrasi dan pemanfaatan Microsoft excel dalam pengelolaan data base. Tendik diarahkan untuk mengonversi dokumen fisik menjadi file digital di mana hal ini dapat mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan fisik, yang dapat menghemat biaya penyimpanan dan aksebilitas dokumen yang mudah.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 25 tendik yang tersebar pada setiap unit kerja IAIN Parepare mulai dari Pascasarjana, Fakultas, Unit TIPD dan Bahasa, LPM, LP2M, Unit Perpustakaan, Mahad Al-Jamiah, Keuangan, dan bagian Akademik (Mhy/Mif).

 

di dalam Berita
mahyuddin 14 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment